Sukses

Ziarah ke Makam Raja Melayu, Sekjen Gerindra Ingatkan Pentingnya Teladani Pahlawan Nasional

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani berserta rombongan berkunjung ke Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Jumat 17 Februari 2023.

Liputan6.com, Jakarta Sekjen Gerindra Ahmad Muzani berserta rombongan berkunjung ke Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Jumat 17 Februari 2023.

Setiba di Pulau Penyengat, Muzani bersama rombongan langsung melaksanakan salat Jumat di Masjid Raya Sultan Riau Pulau Penyengat.

Masjid bersejarah ini yang didirikan pada tahun 1832 pada saat Raja Abdurrahman memerintah. Masjid ini juga menjadi benteng pertahanan pada saat penjajah Belanda mencoba ke wilayah tersebut.

Usai salat Jumat berjamaah, Wakil Ketua MPR RI ini ini langsung menuju makam pahlawan nasional, Raja Haji Fisabilillah.

Raja Haji Fisabililah merupakan adik dari Sultan Selangor pertama, Sultan Salehuddin dan paman sultan Selangor kedua, Sultan Ibrahim.

Namanya diabadikan dalam nama bandar udara di Tanjung Pinang, Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah. Kemudian namanya juga diabadikan nama masjid yang ada di Selangor, Malaysia, yaitu kota Cyberjaya dinamakan Masjid Raja Haji Fisabililah.

"Alhamdulillah hari ini berkesempatan ziarah ke makam pahlawan nasional, Raja Haji Fisabilillah dan makam Raja Ali Haji, penyair fenomenal abad 19 yang puisinya sangat terkenal dengan pasal-pasal Gurindam," kata Muzani.

Kemudian, Ketua Fraksi Gerindra ini juga berziarah ke makam Raja Ali Haji. Sosoknya dikenal sebagai ulama, sejarawan, dan pujangga abad 19 keturunan Bugis dan Melayu.

Dia terkenal sebagai pencatat pertama dasar-dasar tata bahasa Melayu lewat bukunya yang berjudul Pedoman Bahasa. Raja Ali Haji juga merupakan pengarang Gurindam 12, puisi lama yang fenomenal bagi bangsa Melayu.

Muzani berpesan agar setiap insan Indonsia harus meneladani jasa-jasa para pahlawanannya.

"Itu sebagai tanda penghormatan serta pengingat untuk terus memperjuangkan cita-cita para pendiri bangsa Indonesia," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hadiri Tasyakuran Gerindra

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke Kabupaten Bintan untuk menghadiri rangkaian acara Tasyakuran Partai Gerindra ke 15 tahun

Muzani mengatakan, partainya terus berjuang untuk rakyat Indonesia bisa lebih sejahtera.

Karena itu, yang memotivasi ketua umumnya Prabowo Subianto maju sebagai Presiden di Pilpres 2024.

"Kita ingin Indonesia yang sejahtera, kemiskinan terhapuskan, masalah stunting bisa diatasi. Karena itu Gerindra ingin agar pucuk pimpinan eksekutif dipegang kader terbaik GerindraItu sebabnya kami ingin Ketua Umum kami, Pak Prabowo bisa diberi amanat dan mandat oleh rakyat untuk menjadi Presiden RI," kata Muzani.

"Tiada lain tiada bukan presiden kita 2024 adalah Prabowo Subianto apakah Bapak Ibu semua setuju?," tanyanya.

"Setuju," jawab ribuan hadirin.

Di sisi lain, Muzani berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi karena telah menetapkan biaya haji 2023 menjadi Rp49 juta dari rencana awal Rp69 juta.

"Ibu Bapak yang terdaftar sebagai calon jemaah haji tahun 2020 bisa berangkat tanpa penambahan biaya. Sementara untuk jemaah haji tahun 2021-2022 untuk bisa berangkat hanya menambah Rp9 juta. Sementara untuk jemaah haji 2023 sudah mulai diberlakukan ONH (Ongkos Naik Haji) sebesar Rp49 juta," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.