Sukses

Usai Body Shaming ke Iriana, Akun Kharisma Jati Unggah Permintaan Maaf

Akun Kharisma Jati menyampaikan permohonan maaf kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Ibu Negara Iriana, beserta keluarga besar, usai melakukan celaan fisik alias body shamming terhadap Iriana Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta Akun Kharisma Jati menyampaikan permohonan maaf kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Ibu Negara Iriana, beserta keluarga besar, usai melakukan celaan fisik alias body shamming terhadap Iriana Jokowi.

Adapun dia melontarkan body shaming kepada Iriana melalui akun twitternya, @KoprofilJati.

Usai ramai diserbu warganet, dia pun mengunggah surat terbuka permintaan maaf melalui akun Facebook-nya Kharisma Jati. Dalam surat itu, dia meminta maaf kepada keluarga besar Jokowi atas unggahannya yang menyinggung perasaan.

"Permintaan maaf ini saya nyatakan dengan tulus dari lubuk hati yang paling dalam, tanpa unsur keterpaksaan maupun kepura-puraan," tulis Kharisma Jati dikutip dari akun Facebook-nya, Jumat (18/11/2022).

Dia mengaku akan menerima apabila tuntutan hukum atas unggahannya itu. Namun, Kharisma menegaskan bahwa tidak ada sedikitpun permintaan maafnya terhadap para pendukung fanatik rezim ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Isi Surat Terbuka

Berikut isi Surat Terbuka Permintaan Maaf yang Diunggah Kharisma Jati:

Surat Terbuka Permintaan Maaf

Kepada Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo berserta seluruh Keluarga Besar Kepresidenan.

Dengan ini saya, Kharisma Jati, meminta maaf kepada Keluarga Besar Presiden RI atas unggahan saya di media sosial yang menyinggung perasaan anggota keluarga Bapak Presiden Joko Widodo, termasuk kerabat; staf; dan pejabat di lingkungan kepresidenan. Permintaan maaf ini saya nyatakan dengan tulus dari lubuk hati yang paling dalam, tanpa unsur keterpaksaan maupun kepura-puraan.

Dan jika dari pihak terkait bermaksud mengadakan tuntutan hukum maka saya akan menerima dengan lapang dada atas segala hukuman yang adil dan setimpal.

Namun tidak ada sedikitpun permintaan maaf saya terhadap para pendukung fanatik rezim ini, yang merasa bisa berbuat sesukanya sendiri tanpa mengindahkan moral dan etika, karena saya bukan penjilat; pembeo; maupun perundung, dan tidak sedikitpun saya membenarkan perbuatan semacam itu. Framing, fitnah, dan ujaran kebencian yang mereka buat hanya mencerminkan arogansi dan kemunafikan mereka.

Demikian surat terbuka ini dibuat dengan penuh kesadaran tanpa paksaan dari pihak manapun.

 

3 dari 3 halaman

Sempat Direspon Anak-anaknya

Sebelumnya, Ibu Negara, Iriana Jokowi, jadi korban body shaming netizen dengan akun @koprofiljati pada Kamis (17/11/2022). Akun ini mengunggah foto Iriana Jokowi dengan Ibu Negara Korea Selatan.

Bersama foto itu, ia mencuit nyinyir, "Bi, tolong buatkan tamu kita minum. Baik, Nyonya." Warganet ngamuk mendapati cuitan ini. Kaesang Pangarep pun bereaksi via akun Twitter terverifikasi tak lama setelah yang bersangkutan mengklarifikasi.

Dalam utas klarifikasinya, netizen ini berdalih, "Sorry gaes. Postingan dengan gambar Ibu Negara saya hapus. Kayaknya banyak yang salah paham menganggap saya merendahkan orang di gambar tersebut."

Merespons klarifikasi ini, dua putra Jokowi turun tangan. "Salah paham?" tanya balik Gibran Rakabuming. "Lha terus maksudmu gimana?" cetus Kaesang Pangarep tak habis pikir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.
    Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.

    Iriana Jokowi

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Body Shaming