Sukses

Top 3 News: Banjir 1 Meter Rendam Tol Tangerang-Merak

Liputan6.com, Jakarta Banjir dengan ketinggian 1 meter merendam Jalan Tol Tangerang-Merak, Minggu sore, 13 November kemarin. Kondisi tersebut sempat membuat lumpuh lalu lintas Jakarta-Merak. 

Ada pun penyebab banjir akibat hujan deras yang mengguyur kawaan Tangerang hingga membuat sungai meluap dan merendam jalan tol. 

Berita gempa yang getarkan wilayah Indonesia menjadi berita terpopuler kedua di top 3 news, Minggu, 13 November 2022. BMKG melaporkan gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,4 mengguncang Cilacap, Jawa Tengah, pukul 22.10 WIB.

Berada di kedalaman 10 Kilometer, namun gempa tidak berpotensi tsunami. Saat gempa terjadi ada sejumlah wilayah yang ikut merasaka  getarannya, yaitu Garut Selatan, Tasikmalaya, Cilacap, dan Kebumen dalam skala II-III MMI, sedangkan Pangandaran 1-II MMI.

Sedangkan gempa berpusat di laut 148 km barat daya Cilacap.

Berita banjir di Tangerang kembali menyita perhatian pembaca Liputan6.com. Banjir disebabkan situ di kawsan tersebut jebol akibat diguyur hujan deras pada Sabtu, 12 November kemarin.

Tanggul yang jebol menyebabkan ratusan rumah di Perumahan Tomang, Gelam Jaya, Pasarkemis, Kabupaten Tangerang terendam banjir melebihi 1 meter. 

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Minggu, 13 November 2022:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Jalan Tol Jakarta Arah Merak Banjir 1 Meter, Lalu Lintas Lumpuh

Jalan tol Tangerang-Merak terendam banjir satu meter dan tidak bisa dilalui kendaraan, sejak Minggu sore, 13 November 2022, sekitar pukul 16.00 wib. Kendaraan dari arah Jakarta menuju Merak, diharapkan keluar tol di sekitar Tangerang dan melewati jalan alternatif.

Personil kepolisian dari Induk Pjr Bitung Korlantas Polri sudah diterjunkan ke sejumlah gerbang tol, untuk mengarahkan kendaraan keluar di pintu tol daerah Tangerang.

"Anggota sudah diterjunkan di gerbang tol untuk mengarahkan kendaraan keluar Tol Tangerang atau pun Karawaci," ujar Ka.Induk Pjr Korlantas Polri, AKP Suwito, Minggu (13/11/2022).

Kemudian kendaraan dari Merak menuju Jakarta, juga diimbau mencari jalan lain agar tidak terjebak kemacetan di dalam tol. Banjir disebabkan oleh hujan deras di sekitar Tangerang yang menyebabkan sungai meluap kemudian merendam perkampungan dan jalan bebas hambatan. 

"Genangan air tol Merak arah Jaya terjadi akibat dampak banjir di perumahan yang ada di sekitar KM24. Hanya bisa dilalui pada lajur 3 dan 4, baik oleh kendaraan besar dan kecil secara perlahan sehingga mengakibatkan kemacetan ekor hingga Tol Cikupa," jelasnya.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Cilacap

Gempa magnitudo 5,4 mengguncang Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (13/11/2022). Lindu terjadi pada pukul 22.10 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, lokasi gempa pada koordinat 9.02 Lintang Selatan (LS), 108.69 Bujur Timur (BT) atau 148 km Barat Daya Cilacap.

BMKG melaporkan, kedalaman gempa 10 Kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Ini yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan sesudah gempa bumi.

Sebelum Terjadi Gempa:

- Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa, seperti longsor atau likuefaksi. Evaluasi dan renovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempa bumi.

- Kenali lingkungan tempat Anda bekerja: perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat. Ketahui juga di mana tempat paling aman untuk berlindung.

- Belajar melakukan P3K dan alat pemadam kebakaran.

- Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempabumi.

- Atur perabotan agar menempel kuat pada dinding untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempa bumi.

- Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah. Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempabumi terjadi

- Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran.

- Selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan.

- Siapkan alat yang harus ada di setiap tempat: Kotak P3K, senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air. 

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Tanggul Jebol, Ratusan Rumah di Tangerang Terendam Banjir Setinggi 1 Meter

Akibat tanggul jebol, ratusan rumah di Perumahan Tomang, Gelam Jaya, Pasarkemis, Kabupaten Tangerang, terendam banjir melebihi 1 meter, Sabtu (12/11/2022). Akibatnya, banyak warga yang mengungsi di Mushola Al-Muhajirin, yang berada dekat lokasi kejadian.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut membuat tanggul yang memisahkan antara rumah warga dengan situ, jebol.

Akibatnya, rumah warga langsung terendam banjir dengan cepatnya.

"Banjir-banjir, tanggul jebol. Tolong, sudah jebol," ujar warga dalam video yang diterima sejumlah wartawan.

Banjir pun meluas ke pemukiman warga lainnya di perumahan tersebut. Warga yang memiliki rumah dua lantai, memilih untuk berdiam diri di lantai dua.

Sementara, Abdul Munir Kabid Kedaruratan Dan Logistik BPBD kabupaten Tangerang mengatakan, sejak sore hari petugas sudah siagakan perahu karet untuk kepentingan evakuasi warga.

 

Selengkapnya...

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS