Sukses

Sandiaga Capres Tertinggi di Musra Relawan Jokowi, RSI: Kami Siap All Out di 2024

Sanny menjelaskan saat ini RSI tengah sibuk berkolaborasi dengan berbagai elemen. Selain itu, RSI juga tengah fokus membantu perekonomian masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah SandiUno Indonesia (RSI) mengapresiasi hasil Musyawarah Rakyat Indonesia (Musra) ke-3 gabungan relawan Jokowi di Pekanbaru, Riau.

RSI selaku simpul relawan terbesar Sandiaga Uno juga mengaku siap 'all out' memenangkan Sandiaga Uno sebagai calon presiden di 2024. Ketua RSI, Sanny A Irsan menjelaskan, RSI sudah berdiri selama empat tahun. Dia menyebut RSI juga telah berjuang bersama pada Pilpres 2019 lalu.

"Kami apabila sudah diinstruksikan oleh Ketua Dewan Pembina kami yaitu Bang Sandiaga Salahuddin Uno, kami siap. Kami siap all out lahir batin untuk berjuang kembali di 2024," ujar Sanny di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (28/10/2022).

Lebih lanjut, Sanny menjelaskan saat ini RSI tengah sibuk berkolaborasi dengan berbagai elemen. Selain itu, RSI juga tengah fokus membantu perekonomian masyarakat.

"Hampir setiap hari pergerakan kami. Dari tingkat kabupaten kota sampai tingkat provinsi sampai tingkat DPN, Dewan Pimpinan Nasional, kami terus bergerak. Bergerak untuk membantu masyarakat. Untuk membuat program-program sosial kemasyarakatan," ucapnya.

"Nah pada saatnya kami memang dibutuhkan untuk terjun, kembali lagi ke politik, membantu Bang Sandi. Kami siap," sambung Sanny.

Sebelumnya, gabungan relawan Jokowi telah menggelar Musra ke-3 di Riau. Nama Sandiaga Uno menjadi yang teratas dalam bursa capres dengan meraup angka 624 pemilih atau 23,48 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Sandiaga

Terkait hal tersebut, Sandiaga Uno menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak. Menurutnya, alasan dirinya terpilih sebagai Capres 2024 dalam Musra III karena beragam pertimbangan.

Di antaranya latar belakang Sandiaga yang merupakan putra Riau.

Selain itu juga pertimbangan sejumlah gebrakannya di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam menghadirkan program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu bagi pemulihan ekonomi bagi masyarakat.

"Sebagai kelahiran Riau, saya tentunya mengucapkan terima kasih. Tentunya ini merupakan bagian daripada dinamika perpolitikan yang menjadi masukan para pengambil kebijakan," ujar Sandiaga dalam keterangannya, Jumat (28/10/2022).

Meski demikian, Sandi menyatakan bahwa keputusan penetapan Capres 2024 merupakan otoritas partai politik (parpol).

Hal ini sesuai dengan presidential threshold yang mengatur tentang syarat pencalonan presiden dan wakil presiden. Dalam Pasal 6A ayat (2) UU Pemilu menyatakan, pasangan Capres dan Cawapres diusulkan oleh partai politik ataupun gabungan partai politik peserta Pemilu.

"Pengambil kebijakan itu adalah partai politik, dan partai politik ini akan mengambil kebijakan sekitar satu tahun dari sekarang-bulan Oktober (2023), di mana nanti setelah tentunya penuh dengan pertimbangan, diskursus, dan sebagainya, tentunya akan ditetapkan calon yang paling diharapkan oleh masyarakat," ungkap Sandiaga Uno.

"Tentunya dinamika yang kita harus apresiasi dan saya fokus kepada tugas saya di kementerian, saya pastikan kebangkitan ekonomi kita ini terjaga dengan baik untuk bangkit dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.