Sukses

Anies Tiba di Kantor Demokrat, Kader Teriakkan Anies-AHY Menang

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan kader Partai Demokrat menyambut meriah kedatangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Kantor DPP Demokrat pada Jumat (7/10/2022).

Anies tiba di Kantor DPP Partai Demokrat mengenakan kemeja biru dan rompi sekitar pukul 09.32 WIB dan disambut langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di gerbang.

Memasuki gerbang, lautan kader berbaju biru menyambut dan menyanyikan yel-yel. "Yo ayo, Anies-AHY, kuyakin kita pasti menang," teriak kader Demokrat.

Para kader juga membawa spanduk bertuliskan "Gerakan Perbaikan dan Perubahan". mereka juga menabuh gendang dan terus berteriak Anies-AHY.

Anies dan AHY nampak tersenyum dan menyalami para kader.

Kepala Bappilu DPP Partai Demokrat Andi Arief menyambut baik rencana kedatangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Kantor DPP Demokrat pada Jumat, 7 Oktober 2022. Menurut dia, seluruh kader Demokrat telah lama menunggu kedatangan Anies.

"Rencana kedatangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke DPP Partai Demokrat Jumat, 7 Oktober 2022 sangat dinanti para kader se-Indonesia," kata Andi pada wartawan, Kamis (6/10/2022).

Tak hanya itu, kedatangan Anies juga untuk menjawab suara publik yang ingin duet Anies-AHY di Pilpres 2024.

"Selain juga menjawab harapan publik yang menginginkan Anies maju sebagai kandidat Presiden 2024 berpasangan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)," ujar Andi.

Dia menyebut, kader Demokrat ingin agar Anies memilih AHY sebagai cawapresnya. Meski ada keraguan soal siapa yang akan dipilih Anies, dia menyebut keraguan di awal adalah hal wajar.

"Banyak yang bertanya dan bahkan meragukan apakah Anies akan memilih AHY sebagai pasangan Cawapres pasca deklarasi di Partai Nasdem. Hal ini wajar, mengingat cara pendeklarasian Anies berlangsung tidak normal," kata dia.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Demokrat: Pertemuan Anies-AHY Atas Kehendak Bersama

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mendatangi kantor DPP Partai Demokrat pada hari ini Jumat, 7 Oktober 2022, pukul 09.00 WIB.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Herzaky Mahendra Putra menyatakan Anies akan diterima Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beserta jajaran pimpinan Partai Demokrat.

"Silaturahmi politik Anies Baswedan dan Ketum PD Agus Harimurti Yudhoyono ini dilakukan atas kehendak bersama untuk menyatukan energi perubahan dan perbaikan untuk bangsa ini," kata Herzaky dalam keterangannya, Jumat (7/10/2022).

"Sebelum ini, Anies dan AHY sendiri sebagai dua sahabat sudah berulang kali melakukan pertemuan, membahas isu-isu kemasyarakatan dan kebangsaan terkini," sambungnya.

Diketahui, pertemuan ini dilakukan hanya empat hari pascadeklarasi Anies sebagai capres 2024 oleh NasDem.

Herzaky menyebut salah satu yang dibahas adalah soal Pilpres 2024. "Dalam pertemuan ini, Anies dan AHY akan membahas mengenai berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat dan bangsa Indonesia saat ini, termasuk dinamika seputar demokrasi Indonesia, maupun perubahan dan perbaikan yang akan dilakukan ke depannya,  kata dia.

Rencananya dalam pertemuan ini, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono didampingi oleh Sekjen Teuku Riefky, Bendahara Umum Renville Antonio, para Waketum, Sekretaris Majelis Tinggi Partai Andi Mallarangeng, para Wasekjen, para Kepala Badan, dan para Kepala Departemen.

3 dari 4 halaman

Anies Capres Nasdem

Sementara itu, Partai Nasdem resmi mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menjadi calon presiden 2024. Deklarasi itu disampaikan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Nasdem Tower, Jakarta, Senin 3 Oktober 2022.

"Akhirnya Nasdem memilih seorang sosok Anies Rasyid Baswedan,”"kata Paloh yang diikuti riuh tepuk tangan.

Dia mengungkapkan, ada alasan tersendiri Nasdem mendukung Anies Baswedan untuk maju sebagai Capres 2024. Paloh menegaskan, Nasdem memiliki keyakinan pikiran dalam perspektif secara makro dan mikro atas pilihannya ini.

"Kami mempunyai keyakinan pikiran dalam persepektif secara makro dan mikro sejalan dengan apa yang kami yakini. Kami ingin menitipkan perjalanan ini ke depan insyaAllah jika Anies ini terpilih menjadi presiden. Pimpinlah bangsa ini menjadi bangsa bermartabat, bangsa yang mampu membentuk karakter bangsa ini," ujar dia.

"Mengapa Anies Baswedan? Jawabannya, Why Not The Best," imbuh Paloh.

Anies yang hadir langsung di acara tersebut, menyambut baik pendeklarasian ini. Dia pun tersenyum seraya mendengarkan pidato Surya Paloh.

Pantauan di lokasi, Anies duduk di mimbar depan panggung deklarasi dengan duduk bersebelahan dengan Surya Paloh.

4 dari 4 halaman

Demokrat Sambut Baik Nasdem Usung Anies Baswedan Jadi Capres 2024

Partai Demokrat menyambut baik langkah Partai Nasdem yang mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden untuk Pemilu 2024. Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, deklarasi terhadap Anies telah diketahui partainya dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai calon mitra koalisi.

"Demokrat menyambut baik langkah Nasdem yang hari ini menetapkan Anies Baswedan sebagai calon presiden dari Partai Nasdem untuk Pilpres 2024, berikut juga deklarasi hari ini sebelumnya juga sudah dikomunikaskan dengan kami," kata Herzaky di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Senin 3 Oktober 2022.

Pria karib disapa Zaky ini mengatakan, hal-hal substantif selanjutnya soal deklarasi koalisi antara partainya dengan Nasdem dan PKS atau pun sosok pasangan atau yang akan dipasangkan dengan Anies akan segera dibahas.

"Dalam penentuan capres dan cawapres, ketiga partai ini sepakat untuk memiliki semangat perubahan dan perbaikan, juga komunikasi yang sudah baik akan terus berlanjut," ucap Zaky.

Anies Baswedan saat ini sudah dideklarasikan oleh Partai Nasdem sebagai capres 2024. Menyambut deklarasi itu, Anies mengaku siap untuk mengemban amanah tersebut.

"Dengan mengucap Bismilah, saya siap," kata Anies di NasDem Tower hari ini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.