Sukses

Survei SSI: Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Ganjar dan Anies Membuntut

Liputan6.com, Jakarta Survei Skala Survei Indonesia (SSI) merilis hasil survei mengenai figur atau tokoh potensi yang maju di pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Dari sejumlah tokoh, muncul tiga nama dengan jumlah suara responden tertinggi, yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. 

"Lagi-lagi yang muncul hanya tiga nama, Pak Prabowo, Mas Ganjar, dan Mas Anies Baswedan," kata Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim memaparkan hasi survei berjudul "Peta Politik Nasional 12 Bulan Jelang Pendaftaran Capres" di Kantor SSI, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Hasil tersebut, kata Abdul, diperoleh ketika publik disodorkan referensi 24 nama pilihan capres melalui pertanyaan tertutup, tiga nama capres yang paling banyak dipilih adalah Prabowo Subianto sebesar 20,4 persen, disusul Ganjar Pranowo sebesar 13,5 persen dan Anies Baswedan sebesar 11,8 persen.

"Sementara yang belum memutuskan atau tidak tahu/tidak jawab/rahasia sebanyak 36,9 persen," katanya.

Kemudian, ketika publik disodorkan referensi 10 nama pilihan capres melalui pertanyaan tertutup, Prabowo Subianto unggul di tiga besar dengan raihan suara 30,3 persen, disusul Ganjar Pranowo sebesar 22,3 persen dan Anies Baswedan sebesar 20,8 persen.

Begitu pula, sambung Abdul, ketika publik disodorkan referensi empat nama pilihan capres melalui pertanyaan tertutup Prabowo Subianto unggul dengan raihan suara 33,4 persen, disusul Ganjar Pranowo sebesar 27,9 persen, Anies Baswedan sebesar 23,7 persen, dan Puan Maharani sebesar 3,3 persen.

Sementara dalam pertanyaan terbuka ketika publik diminta untuk memilih capres Prabowo menjadi yang paling banyak dipilih, yakni sebesar 15 persen, menyusul Ganjar Pranowo sebesar 11,7 persen, Anies Baswedan sebesar 10,7 persen, dan Joko Widodo (Jokowi) sebesar 10,0 persen.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Prabowo Tetap Unggul di Pertanyaan Terbuka

"Pertama Pak Prabowo, kedua Pak Ganjar, ketiga Mas Anies Baswedan, dan keempat ketika (pertanyaan) terbuka memang Pak Jokowi masih ada, meskipun angkanya sudah ada di urutan ke-4 karena semuanya mayoritas sudah sadar bahwa Pak Jokowi sudah tidak bisa 'nyalon' lagi," papar dia.

Survei SSI yang dilakukan pada tanggal 23 sampai 29 September 2022 itu dilakukan terhadap 1.200 responden dengan metode penarikan acak bertingkat ("sampling multistage random"). Survei ini memiliki toleransi atau batas kesalahan ("margin of error") sekitar 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Usia responden yang dijadikan sampel adalah 16 tahun ke atas atau sudah menikah. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka secara langsung dengan responden menggunakan kuesioner.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.