Sukses

Imbas Hujan dan Genangan Air, Jalan Margonda Depok Macet Parah

Liputan6.com, Jakarta Ribuan pengendara yang melintas di jalan Margonda, Depok, Jawa Barat, terjebak kemacetan panjang. Hal ini diduga imbas hujan deras dan membuat genangan air di sejumlah ruas jalan.

Salah satu pengendara, Abdulrahman mengatakan, kemacetan panjang sudah terjadi dari arah kolong UI menuju Jalan Raya Margonda. Akibat kemacetan menyebabkannya terlambat pulang menuju rumahnya di kawasan Cipayung.

"Macetnya panjang banget hampir satu jam dari arah UI sampai ke lampu merah Siliwangi," kata dia saat ditemui Liputan6.com, Selasa (16/8/2022).

Abdulrahman mengungkapkan, penyebab kemacetan belum diketahuinya dan kendaraan untuk roda empat nyaris tidak dapat bergerak. Menurutnya, kemacetan yang dialaminya merupakan pertama kali selama melintas di Jalan Raya Margonda.

"Biasanya tidak seperti ini, kita yang bawa mobil masih dapat bergerak, lah sekarang malah hampir susah bergerak," ungkap dia.

Hal yang sama turut dialami Fahrudin pengendara sepeda motor yang hendak pulang ke arah Sawangan. Kemacetan panjang di Jalan Raya Margonda membutuhkan waktu lebih dari 30 menit untuk masuk ke Jalan Nusantara.

"Sepertinya ini akibat banjir di Jalan Arif Rahman Hakim, kata keluarga, di Depok hujan tadi sore," kata dia.

Fahrudin menuturkan, saat melintas di Jalan Arif Rahman Hakim pengendara sepeda motor maupun mobil memperlambat kendaraannya. Kemacetan diduga diperparah dengan pengalihan arus lalu lintas di Jalan Dewi Sartika yang menuju Jalan Raya Margonda.

"Mungkin juga kendaraan pada numpuk akibat dari arah Dewi Sartika menuju Margonda yang harus memutar melewati Arif Rahman Hakim," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Mengurai Kemacetan

Fahrudin berharap, pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan dapat mengatur lalu lintas untuk mengurangi kemacetan.

Menurutnya, apabila kemacetan tidak segera dilakukan penanganan, akan menyebabkan kemacetan yang lebih panjang.

"Kalau bisa ada petugas yang mengatur, ini macetnya udah crowded, kalau ibarat penyakit udah stadium empat," pungkas Fahrudin.

 

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Diprediksi BMKG Memang Hujan

Cuaca cerah berawan diprediksi mendominasi seluruh wilayah Jakarta dan kota penyangga seperti Bogor, Depok, Bekasi, serta Tangerang pada besok Selasa pagi, 16 Agustus 2022.

Siang harinya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan turun merata di setiap sudut Ibu Kota dengan intensitas ringan.

Lewat peringatan dini cuaca, BMKG juga melaporkan potensi hujan dibarengi petir dan angin kencang sore hingga malam hari.

"Waspada potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di Jakbar, Jakpus, Jaktim, dan Jaksel pada sore dan malam hari," imbau BMKG lewat peringatan dini cuaca, Rabu, 16 Agustus.

Hujan juga dilaporkan terjadi di wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi siang hari. Sementara, pagi hari cuaca di keempat kota diprediksi cerah berawan.

BMKG juga mengungkap adanya potensi hujan angin siang hingga malam di wilayah Bogor, Depok juga Bekasi.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pagi, pada waktu siang hingga malam dan dini hari di wilayah Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan Kota Bekasi," jelas BMKG.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS