Sukses

VIDEO: Takut Terjerat Hukum, Warga Bakar Pohon Khat

Sejak ramainya diberitakan narkoba jenis baru yang digunakan artis Raffi Ahmad, warga di Cisarua, Puncak, Bogor, Jawa Barat, mulai mencabuti sejumlah pohon khat yang selama ini dikenal sebagai teh Arab.

Sejak ramainya diberitakan narkoba jenis baru yang digunakan artis Raffi Ahmad, warga di Cisarua, Puncak, Bogor, Jawa Barat, mulai mencabuti sejumlah pohon khat yang selama ini dikenal sebagai teh arab.

Warga khawatir terlibat masalah hukum setelah mengetahui tanaman khat merupakan bahan membuat katinone yang termasuk narkotika golongan satu.

Petugas Badan Narkotika Kabupaten Bogor Dian Firmansyah mengatakan, "Memang dikonsumsi beberapa orang sebagai obat. Misalnya, sakit pinggang." Pohon khat banyak ditanam karena banyak turis asal Timur Tengah yang membelinya.

Katinon berasal dari tanaman catha edulis atau khat yang tumbuh di Afrika dan sebagian wilayah Arab. Katinon menimbulkan efek seperti kokain.

Pengguna akan terbawa kegembiraan berlebihan, membangkitkan stamina, pemakai tidak merasa lapar, dan sulit tidur. Namun, zat ini menyimpan bahaya karena merusak sistem saraf pusat mengganggu panca indra hingga menimbulkan depresi dan hasrat ingin bunuh diri.

Dari penangkapan di rumah Raffi, hanya Raffi yang hingga kini ditahan di BNN. Sedangkan enam tersangka lain dikirim ke pusat rehabilitasi di Lido, Jawa Barat. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.