Sukses

Yandri Susanto Ditunjuk Jadi Wakil Ketua MPR Gantikan Zulkifli Hasan

Liputan6.com, Jakarta - Yandri Susanto ditunjuk DPP PAN untuk duduk sebagai Wakil Ketua MPR. Posisi itu sebelumnya dijabat oleh Zulkifli Hasan yang sekarang menjadi Menteri Perdagangan.

"DPP PAN telah menetapkan pengganti bang Zulkifli Hasan di Wakil Ketua MPR RI adalah Yandri Susanto," kata Jubir PAN Viva Yoga kepada wartawan, Selasa (28/6/2022).

Viva menyebut, keputusan penujukkan Yandri diambil secara musyawarah mufakat dalam rapat Harian DPP PAN. Tidak memakai voting.

"Karena bagi PAN, soal posisi kader dan anggota fraksi PAN di DPR/MPR adalah tentang pembagian tugas, peran dan kerja buat partai dan terutama memberi manfaat bagi masyarakat," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) dan Hadi Tjahjanto menjadi Menteri ATR/BPN. Jokowi membeberkan sejumlah alasan sehingga memilih Zulhas dan Hadi masuk bergabung ke kabinet.

"Kita melihat semuanya rekam jejak, pengalaman, kemudian, terutama untuk skil managerial karena sekarang memang bukan hanya makro saja, tepi mikronya harus secara detail dikerjakan," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022).

Jokowi menilai Zulhas punya pengalaman yang cukup panjang sehingga dinilai pas mengisi pos Menteri Perdagangan. Apalagi pengalaman panjang dinilai penting untuk menangani urusan pangan.

"Dan saya melihat Pak Zul dengan pengalaman, dengan track record rekam jejak yang panjang saya kira akan sangat bagus untuk menteri perdagangan karena sekarang ini urusan pangan yang berkaitan dengan rakyat memerlukan pengalaman lapangan, memerlukan kerja-kerja yang terjun lapangan melihat langsung persoalan yang berkaitan, utamanya yang berkaitan dengan kebutuhan pokok rakyat," katanya.

 

2 dari 2 halaman

Disambut Baik Gerindra

Wakil Ketua Umum Gerindra, Habiburokhman menyebut hubungan Gerindra dengan PAN sangat baik, sehingga tidak perlu ada yang perlu dipermasalahkan. 

"Kami enggak ada masalah, kami dan PAN punya hubungan yang baik. Pak Zulkifli kalau beliau masuk kabinet juga sosok yang punya hubungan baik dengan pimpinan kami Partai Gerindra," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (15/6/2022).

Habiburokhman menilai Zulhas akan mampu berdapatasi dengan cepat, mengingat Zulhas sudah satu frekuensi dengan para menteri di kabinet.

"Saya pikir frekuensinya enggak akan sulit, beliau (Zulhas) juga saya pikir tidak akan sulit mencari frekuensi yang sama untuk terus memaksimalkan kerja di posisi di mana beliau ditunjuk. Karena kan ini waktu kabinet enggak terlalu lama lagi, jadi enggak akan banyak penyesuaian," kata dia.

Terpisah, Sekjen Gerindra Muzani menyebut pihaknya menyambut baik PAN di pemerintahan Jokowi-Ma'rif Amin.  

"Gerindra menghormati keputusan presiden untuk mengangkat orang yang dianggap baik, untuk membantu beliau di posisi manapun. Sehingga kami tidak mempermasalahkan apa yang terjadi dalam proses pelantikan di istana," ujar Muzani.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka.com