Sukses

Catat Jadwal Lengkap Pengumuman Hasil TKD dan Core Values Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Hasil pengumuman Rekrutmen Bersama BUMN 2022 untuk tes kemampuan dasar (TKD) dan core values BUMN akan segera keluar.

Liputan6.com, Jakarta Hasil pengumuman Rekrutmen Bersama BUMN 2022 untuk tes kemampuan dasar (TKD) dan core values BUMN akan segera keluar.

Hasil tersebut akan diumumkan Kamis besok 9 Juni 2022 hingga Jumat 10 Juni 2022. Karena seperti diketahui, sebelumnya Peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022 sudah melewati proses TKD hingga Core Values pada 19 sampai 24 Mei 2022 lalu.

Informasi tersebut disampaikan akun Instagram resmi Forum Human Capital Indonesia Badan Usaha Milik Negara atau FHCI BUMN @fhci.bumn.

"[HANYA DUA HARI LAGI]

Semangat pagi, #SobatFHCI!

Sudah semakin dekat dengan pengumuman seleksi TKD dan Core Values BUMN! Tetap optimis dan jangan lupa berdoa selalu, #SobatFHCI!," tulis @fhci.bumn di akun Instagramnya, Selasa 7 Juni 2022.

Tak lupa, FHCI BUMN juga mengingatkan jika seluruh proses Rekrutmen Bersama BUMN 2022 tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

"Selalu waspada terhadap bentuk penipuan yang mengatasnamakan Kementerian BUMN, FHCI, dan BUMN yang mengundang peserta untuk melakukan seleksi wawancara dan menagihkan sejumlah biaya untuk tiket pesawat dan/atau akomodasi hotel. Ingat, seluruh proses seleksi Rekrutmen Bersama BUMN 2022 tidak dipungut biaya apapun.

#LoKerBUMN2022

#BUMNUntukIndonesia

#ForumHumanCapitalIndonesia

#FHCIBUMN," jelas FHCI BUMN.

Sementara itu, dalam situs Rekrutmen Bersama BUMN juga menerangkan bahwa pengumuman tahap 2 yaitu TKD dan core values BUMN akan berlangsung pada 9 Juni -10 Juni 2022.

Peserta dapat mengetahui hasil tahap kedua Rekrutmen Bersama BUMN 2022 melalui laman rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

Selanjutnya, peserta yang lolos tes TKD dan core values dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2022 akan mengikuti tes Tahap 3: tes kemampuan bidang (TKB), wawancara, dan medical check up (MCU) yang dijadwalkan pada 12 Juni-25 Juni 2022.

Sementara pengumuman final calon pegawai BUMN dijadwalkan pada 4 Juli 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tata Cara Melamar

Berikut tata cara melamar Rekrutmen Bersama BUMN yang sebelumnya sudah diikuti para peserta:

1. Pelamar hanya dapat melamar melalui situs web rekrutmenbersama.fhcibumn.id dengan mengikuti petunjuk pendaftaran. Tidak ada jalur lain yang digunakan untuk pengiriman lamaran.

2. Pelamar wajib memiliki alamat e-mail pribadi dan nomor telepon seluler yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi. Pelamar dilarang menggunakan alamat e-mail milik orang lain/kantor dalam proses pendaftaran.

3. Tidak ada layanan untuk perubahan/koreksi seluruh data-data serta dokumen yang telah dikirim oleh pelamar.

4. Untuk memudahkan registrasi online, persiapkan terlebih dahulu beberapa dokumen ini : Foto Profil, KTP, Ijazah atau Surat Keterangan Lulus, Transkrip Nilai, SKCK, Dokumen lainnya (Bisa berupa Sertifikat Pelatihan, Bahasa Inggris, dll), serta Surat Rekomendasi.

5. Perlu diketahui, setiap dokumen yang terdiri lebih dari 1 (seperti ijazah untuk 2 pendidikan), wajib untuk disatukan dalam 1 file dokumen.

 

3 dari 5 halaman

Syarat Mendaftar

Sebelum mendaftar pastikan Anda telah membaca seluruh ketentuan umum, tata cara melamar dan jadwal kegiatan rekrutmen dan seleksi di rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

Berikut adalah persyaratan untuk mendaftar Rekrutmen Bersama BUMN 2022 :

1. Warga Negara Indonesia

2. Usia maksimal per 25 April 2022 mengikuti jenjang pendidikan sebagai berikut: Diploma I/II/III : 27 tahun; S1/Diploma IV : 30 tahun; S2 : 35 tahun;

3. IPK minimal 2,75 untuk lulusan perguruan tinggi

4. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

5. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba.

6. Dokumen SKCK dari Kepolisian (Jika Ada).

7. Sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja apabila ada.

8. Rekomendasi Komunitas (berprestasi di Bidang Olahraga/Seni/Digital Creator/Start Up) apabila ada.

 

4 dari 5 halaman

Ketentuan Umum Pendaftaran

Berikut ketentuan umum pelamar Rekrutmen Bersama BUMN 2022

1. Setiap pelamar hanya diperbolehkan mendaftar maksimal 3 posisi di BUMN berbeda.

2. Seluruh tahapan rekrutmen tidak dipungut biaya apapun. Apabila ada pihak yang meminta biaya/ menjanjikan sesuatu/ menawarkan bantuan atas proses rekrutmen dapat melapor ke Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

3. Pendaftaran hanya dapat dilakukan secara online melalui rekrutmenbersama.fhcibumn.id. FHCI tidak menerima lamaran melalui media pengiriman lainnya.

4. Seluruh kegiatan seleksi online dan pengumuman tiap tahapan seleksi diumumkan melalui rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

5. Seluruh biaya akomodasi dan transportasi selama proses rekrutmen dan seleksi menjadi tanggungan pelamar.

6. Seluruh Pelamar diwajibkan mengajukan lamaran dengan melakukan registrasi online melalui rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

7. FHCI berhak sepenuhnya menetapkan daftar kandidat yang dinilai memenuhi kualifikasi pada setiap tahapan seleksi.

8. Hasil keputusan FHCI bersifat final, mengikat, dan tidak dapat diganggu gugat.

9. Masa waktu registrasi online adalah 14 April s.d. 25 April 2022.

 

5 dari 5 halaman

Fasilitas dan Gaji

Seperti dikutip dari situs FHCI, panitia akan mengumumkan secara final calon pegawai BUMN pada 4 Juli 2022 mendatang. Nantinya calon pegawai akan mengikuti bela negara yang dijadwalkan pada 11 Juli 2022 dan Inagurasi pada 18 Juli 2022.

Sebagai informasi, jadwal tersebut dapat berubah sewaktu-waktu bergantung pada keputusan panitia rekrutmen dan seleksi dari FHCI.

Lalu bagaimana nominal gaji pegawai BUMN yang diterima setiap bulannya, fasilitas yang didapat, hingga status kepegawaian? Terkait hal tersebut, tidak ada informasi secara rinci yang diberikan.

Akan tetapi, panitia rekrutmen menginformasikan bahwa gaji pegawai, fasilitas, hingga status kepegawaian dari calon pegawai BUMN mengikuti aturan perusahaan. Informasi tersebut akan disampaikan lebih lanjut pada saat proses offering atau tanda tangan kontrak.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menambah kembali kuota rekrutmen dengan skema magang. Ia meyakini kelak akan ada yang menempati posisinya sebagai pimpinan tertinggi kementeri BUMN.

Erick menambah sebanyak 2.300 kuota magang dari sebelumnya 2.700 kuota rekrutmen. Sehingga totalnya menjadi 5.000 kuota rekrutmen.

"Sebanyak 2.700 orang akan diterima, dan akan saya tambah menjadi 5.000 orang, melalui pembukaan magang bersertifikat sebanyak 2.300 orang," katanya mengutip Instagram @erickthohir, Kamis 19 Mei 2022 lalu.

"Saya yakin, adik-adik semua adalah calon Insan BUMN dan calon pemimpin BUMN. Bukan mustahil juga ada yang akan berdiri di sini, di posisi saya sebagai Menteri BUMN," imbuh Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.