Sukses

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Jokowi Ajak Peran Insan untuk Lestarikan Masa Depan Bumi

Melalui akun Instagramnya, Jokowi mengatakan bahwa tiap insan di bumi memiliki peran sentral dalam menjaga dan melestarikan lingkungan demi masa depan umat manusia di bumi.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengusung tema 'Satu Bumi untuk Masa Depan' dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada hari ini.

Peringatan tersebut membuat genap Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang ke-50 terhitung sejak Konferensi Stockholm dihelat pertama pada tahun 1972.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun angkat bicara tentang perayaan lingkungan hidup sedunia ini. Melalui akun Instagramnya, dia mengatakan bahwa tiap insan di bumi memiliki peran sentral dalam menjaga dan melestarikan lingkungan demi masa depan umat manusia di bumi.

"Setiap kita punya peran dalam pelestarian alam. Setiap orang bisa punya andil menyelamatkan bumi," tulis Jokowi melalui Instagram pribadinya, seperti dilihat Liputan6.com, Minggu (5/6/2022).

"Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia," sambung Jokowi.

Sebagai informasi, Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni. Pada tahun ini, dunia mengusung tema 'Only One Earth' (Sustainably in Harmony with Nature) atau yang ditafsirkan menjadi "Planet yang sehat untuk kemakmuran semua – tanggung jawab kita, kesempatan kita".

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya saat pertemuan internasional Stockholm+50, yang digelar di Stockholm Swedia, pada 2 dan 3 Juni 2022, juga sempat mengatakan bahwa bahwa perubahan hanya bisa terjadi jika manusia mentransmisikan komitmen ke dalam tindakan nyata.

Sebagaimana Konferensi Stockholm telah dengan jelas menyuarakannya 50 tahun yang lalu bahwa manusia harus menggunakan pengetahuannya untuk membangun, bekerja sama dengan alam, lingkungan yang lebih baik untuk generasi sekarang dan mendatang.

"Hal ini bahkan menjadi lebih relevan saat ini. Oleh karena itu, mari kita bekerja sama untuk mencapainya," ucap Menteri Siti dalam acara yang digelar di Swedia tersebut, seperti dikutip dari situs resmi kementeriannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi: Ketabahan Pak Emil dan Ibu Atalia Jadi Teladan untuk Kita Semua

Di sisi lain, Lewat postingan Instagram-nya, Presiden Jokowi mengungkapkan rasa bela sungkawa atas wafatnya Emmeril Kahn Mumtadz atau yang kerap disapa Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Presiden juga turut mendoakan semoga almarhum Eril diberikan tempat terbaik di sisi allah SWT.

"Pertama-tama saya atas nama pribadi, bangsa, dan negara menyampaikan dukacita yang mendalam atas kepergian ananda Emmeril Kahn Mumtadz. Inna lillaahi wa inna ilaihi rajiun. Kami mendoakan semoga almarhum diberikan tempat yang terbaik di sisiNya," ujar Presiden dalam keterangannya di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu 4 Juni 2022. 

Sebagai orangtua, Presiden turut merasakan betapa beratnya perasaan dan beban yang dipikul Ridwan Kamil dan istrinya, Atalia Praratya dalam menghadapi kejadian yang menimpa putra sulungnya tersebut.

"Namun saya melihat bagaimana ketabahan dan ketegaran Pak Emil dan Ibu Atalia dalam menghadapi musibah, dan ini menjadi teladan bagi kita semuanya. Sekali lagi, saya sampaikan turut bela sungkawa," imbuhnya.

Di akhir pernyataannya, Presiden Jokowi mendoakan seluruh keluarga almarhum agar diberikan ketabahan dan keikhlasan dalam menghadapi musibah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.