Sukses

Skema Pengalihan Lalu Lintas Saat Aksi Buruh May Day Fiesta di GBK

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan ribu buruh rencananya akan memadati kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, bertepatan dengan acara aksi Hari Buruh International atau May Day Fiesta, Sabtu (14/5/2022).

Guna menyikapi kepadataan massa buruh yang akan datang ke GBK, Ditlantas Polda Metro Jaya telah menyiapkan sejumlah skema pengalihan arus kendaraan, meski pemberlakuannya akan dijalankan secara situasional.

"Belum ada, GBK tidak kita tutup, kecuali pada saatnya nanti terjadi stuck baru akan kita adakan pengalihan pengalihan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, dikutip Sabtu (14/5).

Adapun pengalihan arus lalu lintas nanti, dilakukan apabila kendaraan dari Sudirman-Thamrin terjadi penumpukan. Maka kendaraan yang mengarah ke jalan Sisingamangaraja akan dialihkan ke jalan Pakubuwono.

"Atau nanti kita arahkan mereka kalau mau ke arah utara nanti bisa melewati Kuningan, nanti lewat Wijaya-Tendean, nanti langsung ke arah Kuningan," sebutnya.

Kemudian untuk kendaraan dari arah Semanggi akan dialihkan terus melewati jalan Gatot Subroto dan tidak bisa berbelok ke kiri menuju kawasan GBK.

Namun demikian, meski tidak dututup para pengendara tetap diminta sebaiknya menghindari kawasan tersebut, khususnya di depan Gerbang Utama Gedung DPR/MPR.

"Jangan lupa dari pagi sampai siang di depan DPR/MPR juga akan ada aksi unjuk rasa, jadi memang sebaiknya dihindari juga kawasan DPR/MPR," imbaunya.

2 dari 3 halaman

Diminta Tertib

Di samping itu, Sambodo juga turut mengimbau kepada para massa dari buruh untuk tetap tertib selama mengikuti acara aksi May Day Fiesta. Termasuk mematuhi pengamanan-pengamanan yang telah disiapkan petugas.

"Ya tentu ikuti petunjuk-petunuk dari petugas, kita akan atur sebaik mungkin supaya semua massa bisa masuk ke area GBK," katanya.

3 dari 3 halaman

Estimasi Puluhan Ribu

Sebelumnya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Andi Gani Nena menyampaikan jika pihaknya memprediksi acara May Day Fiesta akan dihadiri puluhan ribu peserta.

"Ya jam 09.30 WIB ada sebagian massa sekitar 10 ribu ke depan DPR untuk menyuarakan aspirasinya," kata Andi saat dikonfirmasi, Sabtu (14/5).

Setelah menggelar aksi di depan gedung DPR/MPR, lanjur Andi, para buruh akan kembali melanjutkan aksi di GBK untuk bergabung bersama peserta aksi lainnya dalam gelaran May Day Fiesta.

"Hanya satu jam saja (aksi di depan DPR), setelah itu kita akan long march dari DPR ke GBK. Karena kita khawatir kalau sampai 60ribu orang yang hadir di jalan (di depan DPR), itu akan sangat menganggu masyarakat," sambungnya.

Adapun tercatat empat elemen buruh yang akan hadir diantaranya, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia (KPBI), dan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI).

Sumber: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com