Sukses

Polda Metro: Lalu Lintas Jalan Tol Naik 9 Persen, Didominasi Angkutan Barang

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut, terjadi peningkatan volume kendaraan di ruas jalan tol maupun arteri. Kendaraan pemudik masih lengang.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut, terjadi peningkatan volume kendaraan di ruas jalan tol maupun arteri. Hal itu sebagaimana pemantauan anggota lalu lintas Polda Metro Jaya selama tiga hari ke belakang.

"Tadi malam (Minggu malam 24 April) kami memantau di arteri dan tol," kata Sambodo kepada wartawan di Jakarta Pusat, Senin (25/4/2022).

Sambodo mengatakan, arus lalu lintas di ruas jalan tol mengalami peningkatan sekitar 9 persen. Itu pun sebagian besar di dominasi oleh angkutan barang. Sementara itu, untuk kendaraan pribadi belum terjadi peningkatan signifikan.

"Kalau untuk di tol sampai tadi malam ada kenaikan tidak banyak. Sehingga tadi malam sampai jam 12 malam kecepatan rata-rata masih cukup tinggi masih belum ada kepadatan," ujar dia.

Lebih lanjut Sambodo menerangkan, kenaikan volume kendaraan pribadi justru terlihat di jalur arteri. Sambodo menyebut, peningkatan volume terjadi pada Jumat, Sabtu, Minggu.

"Tapi minggu malam arus sudah menurun lagi di arteri bahkan tadi malam laporan lalu lintas di arteri cukup lengang, khususnya pemotor," terang dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

H-7 Lebaran 2022, Terminal 1 Bandara Soetta Terpantau Lebih Lengang

Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Senin (25/4/2022) terpantau lebih lengang. Diprediksi hari ini akan ada 90 ribuan pergerakan penumpang yang akan memenuhi Bandara Soetta.

Pantauan Liputan6.com di Terminal 1A, tampak Bandara Soetta lebih lengang dari calon penumpang atau pemudik. Bahkan, di konter check in mandiri, tidak terlihat antrian yang mengular seperti kemarin 24 April 2022 ataupun 22 April 2022.

Menurut Senior Manager of Branch Communication and Legal PT Angkasa Pura II Bandara Soetta, M Holik Muardi, rencana penerbangan tanggal 25 April pergerakan penerbangan diprediksi mencapai 725 pesawat.

"Sementara total pax atau pergerakan penumpang diprediksi mencapai 90.467 orang," ungkap Holik, Senin (25/4/2022).

Jumlah tersebut lebih sedikit bila dibanding sehari sebelumnya atau pada Minggu, 24 April 2022. Di mana jumlah pergerakan penumpangnya mencapai 110 ribu lebih dengan 902 total pergerakan pesawat.

Sementara, jumlah tersebut akan terus meningkat di pekan ini. Di mana sudah memasuki sepekan menuju Lebaran 2022. President Director AP II Muhammad Awaluddin memprediksi, pada puncak arus mudik di tanggal 30 April 2022, akan terjadi lonjakan penumpang hingga 180 ribu orang di 20 Bandara yang dikelola AP II.

"Dari angka tersebut Bandara Soetta terbanyak yakni mendekati angka 120 ribu penumpang. Arus balik diperkirakan terjadi pada 8 Mei 2022, dengan prediksi sekitar 200 ribu penumpang di 20 bandara," kata Awaluddin.

Kenaikan volume penumpang pesawat selama arus mudik Lebaran 2022 mulai terlihat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang Banten. Jumlah pemudik via angkutan udara diperkirakan terus mengalami kenaikan.

Menurut estimasi Kementerian Perhubungan, total penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu, 24 April 2022 mencapai 107.038 orang. Angka itu meningkat 4 persen dibanding Sabtu (23/4/2022) yang sebesar 102.791 penumpang.

3 dari 4 halaman

Mudik Lebaran 2020, Jalur Pantura Cirebon Terpantau Masih Normal

Sejumlah kendaraan mudik roda dua mulai terlihat melintas di jalur arteri pantura Cirebon. 

Polres Cirebon Kota (Ciko) mengaku volume kendaraan mudik perlahan mulai meningkat.

Pantauan di Posko Terminal Harjamukti Kota Cirebon. Pemudik roda dua memadati ruas jalan Pantura Cirebon pada Senin (24/4/2022).

Mereka diketahui akan mudik ke Jawa Tengah. Sementara arus lalu lintas masih terpantau landai 

Kasatlantas Polres Cirebon Kota AKP Triyono Raharja mengatakan, Polres Cirebon Kota dalam pelaksanaan arus mudik sudah menyediakan sejumlah cara bertindak.

"Pengendara warga sekitar juga masih memenuhi jalur arteri mudik. Kemungkinan puncak nya tanggal 28 April 2022," kata Triyono.

Dia menyebutkan, salah satu cara rekayasa lalu lintas yakni menyiapkan tim urai kemacetan baik di jalur tol maupun dijalur arteri.

Dia mengatakan tim urai tersebut akan melaksanakan kegiatan pemantauan serta penanganan setiap harinya untuk melerai bilamana terjadi kemacetan.

"Jadi tim urai ditempatkan di titik-titik yang diprediksi akan mengalami kepadatan. Tim urai ini juga dibantu anggota-anggota Pospam yang ada di jalur arteri," tuturnya saat meninjau arus lalu lintas di perempatan Terminal Harjamukti Kota Cirebon.

Pantauan saat ini, katanya, peningkatan jumlah kendaraan di jalur arteri masih terpantau aman meskipun jumlah kendaraan pemudik sudah terlihat padat. 

"Memang ada beberapa pemudik yang melintas namun belum terlalu banyak sehingga tidak ada penumpukan kendaraan," ujarnya. 

4 dari 4 halaman

Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Beroperasi Gratis saat Mudik Lebaran, Mulai Kapan?

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usaha PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) siap membuka Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan secara gratis pada arus balik mudik Lebaran 2022. Ruas tol yang akan dioperasikan secara fungsional yakni dari Simpang Susun (SS) Sadang hingga SS Kutanegara sepanjang 8,5 km.

Direktur Utama PT JJS Charles Lendra mengatakan, Jalan Tol Japek II Selatan ini akan dibuka secara situasional jika nantinya terjadi kepadatan di SS Dawuan Km 67, yang merupakan titik temu lalu lintas dari arah Tol Cipularang dan ujung Tol Jakarta-Cikampek yang tersambung dengan Tol Trans Jawa.

"Untuk ruas Japek Selatan ini kita sudah siap mulai dari Jumat (22/4/2022) kemarin, semua sarananya sudah siap semua. Jadi kami menunggu kondisi lalu lintas dari ruas Tol Jakarta-Cikampek," kata Charles di SS Sadang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Senin (25/4/2022).

Jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan juga merupakan salah satu alternatif pengguna jalan dari arah Bandung menuju Jakarta pada saat diberlakukannya rekayasa lalu lintas one way arus mudik lebaran oleh pihak Kepolisian.

"Sampai saat ini masih kami menunggu kondisi di ruas Tol Jakarta-Cikampek, kan belum ada one way. Ini masih kami stand by terus. Nanti diskresi Kepolisian kapan akan difungsionalkan," ungkapnya.

Adapun para pemudik dari arah Bandung yang diarahkan melewati jalur fungsional ini, nantinya bakal melewati jalan non-tol sepanjang 15-20 km untuk masuk kembali ke Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Karawang Timur di Km 54 pada periode arus balik, dan GT Karawang Barat di Km 47 pada periode arus mudik.

Meski dibuka gratis secara fungsional, Charles melanjutkan, Tol Japek II Selatan ruas SS Sadang-Kutanegara hanya akan mengoperasikan satu lajur dari total dua lajur untuk arah Jakarta.

"Kita tidak membuka dua lajur full, karena nanti mengurangi bottle neck di ujung Kutanegaranya. Karena nanti ketemu jalan arteri industri yang ada dua arah dua lajur. Sehingga antriannya smooth, lancar, mengalir," tuturnya.

Sebagai informasi, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan ruas SS Sadang-Kutanegara merupakan bagian dari Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) sepanjang 27,85 km.

Total panjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan nantinya mencapai 62 km yang dibagi atas 3 seksi pekerjaan, yakni Seksi 1 Jatiasih-Setu sepanjang 9,3 km, Seksi 2 Setu-Taman Mekar sepanjang 24,85 km, dan Seksi 3 Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 km.3 dari 4 halaman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.