Sukses

Sahroni Minta Polda Metro Bantu Dishub DKI Tertibkan Parkir Liar di Jakarta

Anggota DPR RI Ahmad Sahroni menyoroti langkah Dishub DKI Jakarta yang akan menertibkan juru parkir (Jukir) liar di Jakarta, terutama di minimarket.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPR RI Ahmad Sahroni menyoroti langkah Dishub DKI Jakarta yang akan menertibkan juru parkir (Jukir) liar di Jakarta, terutama di minimarket.

Sebelumnya, Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menyebut pihaknya akan berkoordinasi dengan Satpol PP DKI untuk menangani oknum-oknum yang memanfaatkan minimarket dengan memaksa pengunjung untuk membayar parkir.

Sahroni pun meminta Polda Metro Jaya turut membantu dan menkordinasikan upaya Dishub DKI dalam menertibkan parkir liar yang terbukti meresahkan masyarakat.

“Bagus saya sepakat, parkir liar ini memang harus ditertibkan. Malah saya harap Polda Metro Jaya juga bisa bantu Dishub DKI Jakarta dalam proses penertibannya. Bisa juga sebagian dari mereka dibina dan dipekerjakan di kantong-kantong parkir resmi, bukan yang liar. Jadi memang tukang parkir ini masih dibutuhkan, tapi jangan sampai ada paksaan harus membayar yang tidak ada aturannya” ujar Sahroni dalam keterangannya hari ini (7/5/2024).

Sebab, kata dia, selama ini negara dan masyarakat sudah terlalu lama berkompromi dengan tindakan ilegal tersebut. Sehingga para oknum juru parkir liar ini menjadi semena-mena, bergaya preman, dan tak segan mengancam jika tidak diberi bayaran parkir.

“Mulanya mereka ini kan dibiarkan karena ada rasa iba, dan dibayar seikhlasnya. Namun makin ke sini konsepnya sudah berubah, mereka malah jadi kayak preman. Makanya banyak viral masyarakat yang mengeluh soal ini. Terlebih mereka ini kerap ada di tempat-tempat yang sudah jelas digratiskan oleh pengelola maupun Pemda, seperti di minimarket misalnya. Parkir gratis kok dipaksa bayar, ini premanisme namanya,” tambah Sahroni.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Semua Pihak Koordinasi

Oleh karena itu Sahroni minta semua pihak terkait berkoordinasi untuk menertibkan parkir liar yang ada guna menciptakan suasana kamtibmas.

“Jadi ini bukan perkara uang parkir yang dikeluarkan berapa, kalau itu kan paling receh. Tapi ini soal penegakkan aturan, enggak bisa semena-mena begitu. Ada aturannya, Dishub yang kelola itu,” demikian Sahroni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.