Sukses

Gaji Polisi Perlu Dinaikkan, Dianggap Akan Pengaruhi Peningkatan Kinerja

Ketua Umum Sahabat Polisi Indonesia (SPI), Fonda Tangguh mengatakan, perlu adanya kenaikan gaji bagi pihak kepolisian.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Sahabat Polisi Indonesia (SPI), Fonda Tangguh mengatakan, perlu adanya kenaikan gaji bagi pihak kepolisian. Pasalnya, ini bisa meningkatkan kinerja di tengah tanggung jawab yang besar.

Adapun ini disampaikan dalam webinar yang diadakan SPI. Di mana turut hadir, salah satunya Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) serta The Hoegeng Institute sebagai narasumber.

"Kenaikan gaji polisi tentunya bakal linear dengan peningkatan kinerja aparat kepolisian," kata dia dalam keterangannya, Jumat (11/2/2022).

Sementara itu, Komisioner Kompolnas Poengky Indarti menyadari bahwa banyak masyarakat yang melihat ada polisi bergaya bermewah-mewahan. Namun, perlu dicatat, banyak juga yang masih perlu diberi perhatian.

Karenanya, penting negara memerhatikan kesejahteraan polisi sekarang ini.

"Kami berharap kesejahteraan polisi ditingkatkan. Setidaknya ada kenaikan tunjangan bagi polisi di Papua atau di perbatasan negara. Biaya hidup di sana mahal tapi tunjangannya tidak sesuai," kata Poengky.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu Dikaji

Meski ada keinginan untuk menaikan gaji polisi, Direktur Eksekutif The Hoegeng Institute, Arief Dwi Prasetyo mengatakan, perlu ada kajian terlebih sekarang ini masih dalam pandemi Covid-19, di mana ekonomi juga terdampak.

Karena itu, dia mengingatkan penting untuk polisi meneladani sikap mantan Kapolri Hoegeng yang biasa hidup sederhana. Buatnya, tugas polisi adalah tugas yang mulia meski tidak bisa memberikan penghasilan yang besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.