Sukses

Penjelasan Wagub DKI Ada Lokasi Banjir Jakarta Tak Surut dalam 6 Jam

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara mengenai belum tercapainya target banjir yang dapat surut maksimal enam jam.

Dia menyebut tidak semua wilayah di Jakarta dapat menerapkan target tersebut.

"Iya mungkin ada beberapa titik yang memang datarannya sangat rendah, ada yang jauh di bawah permukaan laut, ada beberapa titik yang seperti itu," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (19/1/2022).

Politikus Gerindra itu menjelaskan, ini merupakan pengecualian untuk target surut enam jam setelah hujan. Namun dia memastikan secara umum target yang ditetapkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlaksana di Jakarta.

"Jadi tidak usah khawatir, insyaallah genangan yang ada di Jakarta kita upayakan surut dalam waktu 6 jam," jelas Riza.

Kendati begitu, dia menegaskan, bahwa pihaknya telah menyiapkan sejumlah program untuk pencegahan dan pengendalian banjir.

 

2 dari 2 halaman

Ada yang Mengungsi

Riza juga mengakui ada sejumlah warga yang mengungsi akibat banjir yang menggenang di sejumlah wilayahnya.

Dia menegaskan, persiapan banjir telah disediakan sebagai langkah antisipasi. Termasuk menyiapkan tempat mengungsi.

"Ada beberapa memang pengungsi tapi kan kita sudah siapkan tempat pengungsiannya, sarana prasarana, logistiknya, nanti segera akan kembali ke rumah masing-masing," kata Riza.

Politikus Gerindra ini menyatakan banjir di Jakarta akibat adanya peningkatan intensitas hujan di Januari hingga Februari jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Dia juga meminta agar warga dengan daerah rawan banjir harus memiliki perlengkapan yang memadai.