Sukses

Infografis Waspada Potensi Siklus 100 Tahunan Tsunami di Pesisir Selatan Jawa

Berdasarkan hasil modeling, bila terjadi gempa magnitudo 8,7, maka dapat memicu gelombang tsunami setinggi 24 meter setelah 30 menit kegempaan. Potensi ini bisa terjadi di selatan Jawa, terutama Jatim.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG kembali mengingatkan adanya potensi gempa magnitudo 8,7 di pesisir selatan Pulau Jawa. Tepatnya di Jawa Timur atau Jatim.

Menurut Kepala BMKG Stasiun Geofisika Malang Ma'muri, gempa besar berdampak tsunami mengacu potensi siklus 100 tahun di selatan Jawa. Namun, ia menekankan hal itu hanyalah potensi, dapat terjadi dan bisa tidak.

Berdasarkan hasil modeling, bila terjadi gempa magnitudo 8,7, maka dapat memicu gelombang tsunami setinggi 24 meter setelah 30 menit kegempaan. Adapun daerah di Jatim yang dianggap rawan tsunami meliputi Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember, hingga Banyuwangi.

Bagaimana antisipasi dan sosialisasi mitigasi terhadap potensi siklus tsunami 100 tahunan di selatan Jawa? Simak dalam Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis

3 dari 3 halaman

Antisipasi Potensi Siklus Tsunami 100 Tahun di Selatan Jawa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.