Sukses

Sandiaga Uno Dorong Kerajinan di Gianyar Bali Naik Kelas

Sandiaga Uno menggelar workshop di Gianyar, Bali untuk membantu meningkatkan kualitas kerajinan di wilayah tersebut agar bisa bersaing dan mendongkrak perekonomian masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno terus berusaha menggerakkan perekonomian masyarakat dengan mendorong UMKM bangkit dan naik kelas di tengah situasi pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Berbagai cara dan usaha untuk kembali meningkatkan dan menstabilkan perekonomian terus dilakukan, salah satunya dengan melakukan pendampingan serta pelatihan secara offline maupun online.

Sandiaga Uno mengatakan, Kabupaten Gianyar, Bali menyimpan banyak potensi dan sangat kaya dengan atraksi pariwisata serta budaya, mulai dari keindahan alam, kesenian hingga wisata kuliner. Kemenparekraf sangat mendukung pelestarian alam dan budaya serta kesejahteraan.

“Kalau di Kabupetan Gianyar tentunya kita sudah tahu, di sini banyak sekali kerajinan yang bisa dikembangkan dan naik kelas menjadi tingkat internasional,” katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (26/9/2021).

Karena itu, Sandiaga akan membantu masyarakat dan UMKM di Gianyar meningkatkan kualitas kerajinannya lewat workshop atau pelatihan yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Dia berharap melalui pelatihan ini, kualitas produksi kerajinan di wilayah tersebut bisa terus naik kelas dan bersaing di kancah internasional.

“Ada pelaku profesionalisme yang akan kita undang untuk meningkatkan kualitas para perajin, sehingga akan ada peningkatan baik secara kualitas dan juga kuantitasnya,” ucap Sandiaga.

Dia juga meminta pemerintah daerah untuk mendorong masyarakat ikut dalam program-program Kemenparekraf seperti Desa Wisata, Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif, Program Pengembangan SDM, Baparekraf for Startup (BEKUP), Bantuan Insentif Pemerintah (BIP), BEDAKAN (Bedah Desain Kuliner Nusantara), BEGERAK (Bedah Gerai Kuliner), dan INKUBASI FESYEN & KRIYA. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengembangan KaTa Kreatif Indonesia

Seperti diketahui, penyelenggaraan workshop ini merupakan bagian penting dari strategi Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia sebagaimana diamanahkan dalam Perpres No. 142 Tahun 2018 mengenai Rencana Induk Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional.

Keikutsertaan para pelaku ekonomi kreatif sesuai dengan subsektor ekonomi kreatif unggulan di Kabupaten Gianyar ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan inovasi dan kewirausahaan yang sesuai dengan potensi dan kearifan lokalnya masing-masing.

Pada tahun 2021, Kemenparekraf/Baparekraf memiliki target untuk melaksanakan workshop di 25 kabupaten/kota. Kabupaten Gianyar adalah lokasi ke-14 dari rangkaian kegiatan tersebut.

Program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia merupakan program yang dilaksanakan sejak tahun 2016 dan hingga saat ini terus dikembangkan oleh Kemenparekraf/Baparekraf.

Kabupaten Gianyar termasuk salah satu kabupaten yang juga telah ditetapkan sebagai Kabupaten/Kota Kreatif subsektor seni pertunjukan pada tahun 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.