Sukses

Juru Bicara Presiden Jokowi soal Desakan Lockdown: PPKM Mikro Paling Tepat

Fadjroel Rachman mengatakan hingga kini belum ada rencana untuk menerapkan lockdown (karantina wilayah) atau pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat.

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman mengatakan hingga kini belum ada rencana untuk menerapkan lockdown (karantina wilayah) atau pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat, meski terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Pemerintah, kata dia, menilai bahwa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro saat ini adalah kebijakan yang paling tepat untuk menangani Covid-19 di Indonesia.

"Secara empiris pemerintah menganggap PPKM Mikro yang paling tepat," kata Fadjroel kepada Liputan6.com, Sabtu (19/6/2021).

Hal ini berdasarkan pengalaman empiris selama satu tahun terakhir pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Adapun PPKM Mikro sendiri mulai diterapkan pemerintah pada Februari 2021 dengan tujuan membatasi mobilitas masyarakat.

"Pengalaman empiris setahun terakhir ini," ucap Fadjroel.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Desakan Lockdown

Sebelumnya, sebanyak 1.500 orang lebih menandatangani petisi online yang mendesak agar Presiden Joko Widodo atau Jokowi segera melakukan karantina wilayah atau lockdown. Petisi ini diinisiasi oleh relawan Lapor Covid-19 menyusul lonjakan kasus virus corona di sejumlah daerah.

Berdasarkan pantauan dari situs Lapor Covid-19, hingga Sabtu (19/6/2021) pukul 10.45 WIB, petisi itu sudah diteken oleh 1.551 orang. Mereka menilai dalam situasi darurat kesehatan publik seperti sekarang, bukan waktunya lagi pemerintah memikirkan ekonomi, investasi, dan infrastruktur.

"Semakin Bapak (Presiden) menunda tindakan yang tegas, semakin besar dampak yang harus ditanggung," demikian bunyi petisi online tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Lockdown