Sukses

Kemenkes Ungkap Penyebab Vaksinasi Covid-19 pada Lansia Baru 16 Persen

Kemenkes sejauh ini giat melakukan edukasi kepada masyarakat pentingnya vaksinasi terhadap lansia untuk mencegah gejala Covid-19 berat.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono mengungkap penyebab vaksinasi Covid-19 pada lansia di Indonesia baru mencapai 16 persen.

Dari total target 21.553.118 orang, baru 3.429.047 lansia yang sudah divaksinasi Covid-19 dosis pertama.

"Memang ada ketakutan untuk melakukan vaksinasi pada lansia," katanya, Kamis (3/6).

Selain ketakutan, lansia sulit menjangkau lokasi vaksinasi Covid-19. Sementara mayoritas lansia memiliki keterbatasan untuk mendatangi lokasi vaksinasi Covid-19 yang jauh.

"Mereka (lansia) tergantung pada keluarganya yang mengantar," ujarnya.

Guna mempercepat vaksinasi Covid-19 pada lansia, kata Dante, Kemenkes akan melakukan berbagai hal. Pertama, melakukan edukasi kepada masyarakat pentingnya vaksinasi terhadap lansia untuk mencegah gejala Covid-19 berat.

Kedua, Kemenkes mengajak kelompok usia produktif untuk mengantarkan lansia ke tempat vaksinasi. Mereka yang berhasil membawa lansia ke tempat vaksinasi akan mendapatkan prioritas vaksin Covid-19.

"Upaya lain adalah jemput bola, seperti datang ke kelompok lansia kemudian vaksinasi. Terus menggunakan fasilitas umum di mana lansia itu berkumpul seperti mendatangi panti jompo," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

49,4 persen Kasus Kematian Covd-19 dari Lansia

Sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan 49,4 persen kasus kematian Covid-19 di Indonesia dikontribusikan oleh lansia di atas 60 tahun.

Persentase ini merupakan yang tertinggi di antara kelompok umur lainnya.

Persentase kematian Covid-19 pada kelompok umur 46 hingga 59 tahun hanya 35,5 persen. Sementara kelompok umur 31 hingga 45 tahun 11,2 persen, di bawah 30 tahun tercatat 3,9 persen.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.