Sukses

Panglima TNI dan Kapolri Perintahkan Jajaran Bangun Kedekatan Hati dengan Masyarakat Papua

Liputan6.com, Jakarta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Papua. Keduanya melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat, memberikan motivasi kepada para prajurit, hingga memerintahkan anggota untuk mengawal terus pembangunan demi kesejahteraan penduduk Papua.

Panglima TNI juga meminta seluruh personel yang bertugas untuk merumuskan formula khusus untuk menjaga kedekatan hati dengan masyarakat Papua agar tetap teguh mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Seluruh anggota juga mesti meningkatkan sinergitas sehingga kesejahteraan masyarakat Papua dapat dirasakan lebih cepat.

"TNI dan Polri bermanunggal dengan rakyat. Dengan Binmas Noken dan teritorial. Bangun sinergi dengan baik antar lintas satuan," tutur Hadi dalam keterangannya, Kamis (27/5/2021).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga memberikan pesan khusus kepada personel TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Operasi Nemangkawi. Bahwa selain tugas pengamanan, anggota juga harus menunjukkan kehadirannya di sana adalah untuk mengawal agenda pemerintah membangun Papua.

"Tugas saudara semua mengawal untuk memberitahu akan pembangunan yang sudah dilakukan. Petakan dengan baik apa yang dibutuhkan oleh masyarakat Papua," kata Listyo.

 

2 dari 3 halaman

RUU Otsus Papua Dikawal Ketat

Dalam pertemuan tertutup bersama tokoh agama, adat, dan masyarakat Papua, Listyo juga menyampaikan bahwa pemerintah sangat konsen dan fokus membangun Papua.

Dia juga menegaskan agar jajaran dapat mengawal ketat RUU Otonomi Khusus atau Otsus Papua. Sehingga ke depan upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua dapat tepat sasaran.

"Pemerintah sangat konsen membangun Papua seperti pembangunan infastruktur. Memang apa yang dilakukan oleh pemerintah belum sepenuhnya dirasakan oleh seluruh masyarakat Papua," Listyo menandaskan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: