Sukses

4 Terminal Ini Alami Lonjakan Penumpang hingga 96 Persen saat Libur Panjang

Di Terminal Poris Plawad Kota Tangerang, jumlah penumpang yang dilayani mencapai 782 orang atau mengalami kenaikan sampai 59 persen pada akhir pekan awal April ini.

Liputan6.com, Jakarta - Penumpang bus Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) berbagai Terminal Tipe A yang berada di bawah pengelolaan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) cenderung mengalami peningkatan pada libur panjang akhir pekan ini.

Misalnya seperti yang terjadi di Terminal Jatijajar Kota Depok, Terminal Poris Plawad Kota Tangerang, Terminal Pondok Cabe Kota Tangerang Selatan, dan Terminal Baranangsiang Kota Bogor.

Penumpang bus AKAP di keempat terminal itu mengalami rata-rata kenaikan penumpang 26 hingga 96 persen pada April 2021 ini.

"Iya, ada peningkatan jumlah penumpang rata-rata per hari pada libur panjang yang bersamaan dengan akhir pekan, untuk yang pertama di bulan April 2021 ini, yakni kenaikan antara 26 hingga 96 persen, apabila dibandingkan dengan jumlah penumpang rata-rata per hari yang terdapat sepanjang bulan Maret 2021, khususnya pada setiap akhir pekan," ujar Kepala BPTJ Polana B Pramesti, Minggu (4/4/2021).

Menurut dia, kenaikan juga terjadi pada jumlah armada bus yang beroperasi. Untuk unit bus yang beroperasi rata-rata per hari, pada akhir pekan di awal April ini juga meningkat antara 15 sampai dengan 58 persen, apabila dibandingkan dengan bus yang beroperasi rata-rata per hari pada setiap akhir pekan di bulan sebelumnya.

Contohnya saja di Terminal Bus Plawad. Menurut Polana, apabila biasanya terminal tersebut melayani 491 penumpang pada akhir pekan, namun di akhir pekan awal April ini, jumlah penumpang yang dilayani mencapai 782 orang atau mengalami kenaikan sampai 59 persen.

"Sementara, untuk kenaikan armada bus yang beroperasi, terdapat kenaikan sebesar sekitar 15 persen. Rata-rata setiap hari untuk akhir pekan sepanjang bulan Maret terdapat 138 bus yang beroperasi, sedangkan untuk akhir pekan di bulan April ini sebanyak 159 unit yang melayani penumpang," ucap Polana.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terminal Lainnya

Polana menjelaskan, Wonogiri dan Yogyakarta adalah kota tujuan penumpang favorit penumpang bus AKAP dari Terminal Poris Plawad Tangerang. Para penumpang pun dilayani oleh 78 PO bus yang ada di terminal tersebut.

"Sementara kenaikan jumlah penumpang layanan bus AKAP di Terminal Jatijajar Depok, tercatat sebanyak 96 persen, dengan kenaikan penumpang menjadi 729 orang," kata dia.

Sementara untuk bus yang beroperasi, Polana menjelaskan terdapat kenaikan sekitar 21 persen, dengan jumlah 104 bus yang beroperasi.

Adapun Terminal Baranangsiang, Polana menjelaskan, setiap akhir pekan sepanjang bulan Maret rata-rata setiap hari melayani penumpang sebanyak 230 orang.

Sementara untuk akhir pekan di April ini, menurut Polana terdapat penumpang sebanyak 291 penumpang setiap hari.

"Terdapat kenaikan penumpang sekitar 26 persen, dengan kenaikan armada bus yang beroperasi sebesar 58 persen atau ada 46 unit bus," jelas Polana.

3 dari 3 halaman

Dilarang Mudik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.