Sukses

BPBD DKI Jakarta: 34 RW Masih Tergenang Banjir Akibat Hujan Deras

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta masyarakat waspada akan adanya potensi curah hujan dengan intensitas tinggi pada Jumat (19/2/2021) hingga esok, 20 Februari. Pemprov pun bersiaga menangani banjir.

Hal ini berdasarkan peringatan dini yang telah dikeluarkan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Untuk itu, masyarakat diimbau waspada, Pemprov DKI Jakarta juga akan bersiaga dan mempercepat penanganan di lokasi-lokasi yang rawan terdampak genangan maupun banjir," kata Plt. Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto, Jumat (19/2/2021).

Sabdo menyampaikan, hujan deras yang terjadi sejak Kamis, 18 Februari, pukul 23.00 WIB di Jakarta telah meluas ke berbagai wilayah. Berdasarkan hasil pantauan satelit milik LAPAN, prediksi hujan dan angin pada ketinggian 850 mb (1,5 km) masih berlangsung hingga Jumat sore ini, sekitar pukul 17.00 WIB.

Sementara itu, berdasarkan data terkini dari BPBD DKI, hingga saat ini ada sejumlah titik di Jakarta Barat dan Jakarta Timur yang masih terdampak genangan. Untuk wilayah Jakarta Barat meliputi tiga Kelurahan. Terdiri atas 3 RW dan 3 RT, namun tidak ada pengungsi.

Sedangkan, untuk wilayah Jakarta Timur, genangan juga disebabkan luapan PHB Sulaiman dan Kali Sunter. Meliputi sembilan Kelurahan, terdiri atas 31 RW dan 96 RT, serta sebanyak 182 KK atau 694 orang masih mengungsi.

2 dari 3 halaman

Bantuan Telah Didistribusikan

"Seluruh genangan sedang ditangani oleh jajaran Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta dan PPSU Kelurahan. Untuk di Jakarta Timur, khususnya di RW 02 dan RW 03, Kelurahan Cipinang Melayu. Saat ini kami sedang melakukan pemompaan di PHB Sulaiman dan Kalimalang. Harapannya, dapat surut dalam beberapa jam ke depan," imbuh Sabdo. 

Sabdo juga menyampaikan, BPBD DKI Jakarta telah mendistribusikan logistik yang menjadi kebutuhan warga terdampak genangan, serta mendirikan tenda pengungsi dan posko BPBD.

"Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta juga telah mendirikan dapur umum dan menyalurkan sejumlah bantuan tersebut. Salah satunya, yang telah dilakukan oleh Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Timur, yakni mengoperasikan dapur umum di GOR Jakarta Timur, Jalan Otista, Cipinang Cempedak, Jatinegara," ujarnya. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: