Sukses

BPBD Sebut Banjir di DKI Surut, Warga Bisa Kembali ke Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Data terkini BPBD Provinsi DKI Jakarta pada Rabu (10/2/2021) siang, seluruh wilayah terdampak genangan dan banjir telah surut. Plt Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto, menyampaikan warga yang sebelumnya mengungsi juga sudah dapat kembali ke rumah.

"Kondisi saat ini untuk seluruh wilayah dipastikan telah surut. Meskipun demikian, personel tetap disiagakan, seperti pompa mobile oleh Dinas Sumber Daya Air, dan dibantu PPSU Kelurahan," ujarnya di Jakarta, Rabu (10/2/2021).

Sabdo menyebut, sebelumnya telah dilakukan proses pembersihan rumah dan lingkungan yang terdampak genangan maupun banjir, dibantu oleh tim Damkar, PPSU Kelurahan, bersama warga. “Dipastikan kondisi telah bersih dan aman bagi warga untuk kembali ke tempat tinggalnya,” katanya.

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

Sebelumnya, hujan yang mengguyur sejak Minggu, 7 Februari 2021 membuat beberapa wilayah di Jakarta terendam banjir.

Misalnya, sebagian badan jalan terendam genangan air dari luapan Sungai Ciliwung hingga membuat arus lalu lintas di Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur, tersendat.

2 dari 3 halaman

Rendam Permukiman

Ketinggian genangan air itu mencapai 20 sentimeter pada sekitar pukul 06.00 WIB dan membuat lalu lintas di sekitar lokasi padat karena pengendara melaju dengan kecepatan rendah saat melintasi genangan air.

Tak hanya jalan raya, banjir juga merendam pemukiman warga di kawasan Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur. Sebagian warga memilih untuk meninggalkan rumah. Begitu pula yang terjadi di Kelurahan Pejaten Timur, Kota Jakarta Selatan. Warganya mengungsi akibat banjir.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: