Sukses

Cegah Kerumunan, Bogor Street Festival Cap Go Meh Ditiadakan Tahun Ini

Liputan6.com, Bogor - Peringatan Tahun Baru Imlek 2572 tahun ini akan berlangsung sederhana. Serangkaian kegiatan festival, seperti perayaan Cap Go Meh yang biasa diselenggarakan setiap tahunnya ditiadakan. Hal ini dikarenakan awal tahun 2021 masih dalam masa pandemi Covid-19.

"Untuk tahun ini segala rangkaian acara kita tiadakan. Kita tahu dimana situasi sekarang masih pandemi Covid-19,” ujar Ketua Bogor Street Festival Cap Go Meh Arifin Himawan, Senin (8/2/2021). 

Untuk kegiatan ibadah, lanjut Arifin, masih dapat dilakukan di vihara. Namun tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini diberlakukan agar penyebaran Covid-19 dapat dikendalikan. 

Tahun Baru Imlek kali ini jatuh pada tanggal 12 Februari. Biasanya akan ada pawai seni dan budaya serta atraksi barongsai dan lainnya yang dikenal dengan Bogor Street Festival Cap Go Meh. 

Namun, kegiatan rutin tahunan itu ditiadakan karena mengundang kerumunan. Terlebih, saat ini Kota Bogor masih berada di zona merah penyebaran Covid-19 yang artinya berada pada risiko tinggi.

 

2 dari 3 halaman

Pawai Barongsai Virtual

Kendati demikian, perayaan Imlek di Kota Bogor akan tetap semarak dengan menghias ruas Jalan Suryakencana dan sejumlah vihara salah satunya vihara Dhanagun Hok Tek Bio. 

Pihak penyelenggara juga berencana akan menyelenggarakan atraksi barongsai secara virtual. Sehingga bisa disaksikan oleh masyarakat umum khususnya warga Kota Bogor. 

"Tetapi untuk kegiatan ini baru sebatas rencana, karena baru akan dibahas hari bersama pemerintah daerah," kata Arifin.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: