Sukses

Ini Jadwal Rangkaian Tes Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo di DPR

Liputan6.com, Jakarta - Komisi III DPR menjadwalkan proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap calon kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo pada Selasa 19 Januari 2021. 

"Senin calon akan diundang ke sini untuk membuat makalah. 1-2 jam pembuatan makalah itu. Lalu hari Selasa akan dilakukan fit and proper test," kata Ketua Komisi III DPR Herman Hery, pada Rabu 13 Januari 2021.

Dia menuturkan, uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon kapolri Listyo Sigit Prabowo dimulai pukul 10.00 WIB.

"Fit and proper test itu akan dimulai jam 10 pagi. Dengan pola fit and proper test, 2x2,5 jam. Jadi jam 10 dimulai sampai 12.30. Lalu kita break, dan jam 2 (siang) akan dimulai lagi," jelas dia.

Herman berharap, pada sore harinya, Komisi III DPR bisa menggelar rapat untuk membuat keputusan menolak atau menerima calon yang diajukan oleh presiden yaitu Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Kabareskrim Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah diusulkan Presiden Joko Widodo menjadi calon Kapolri. Surpres penunjukan baru dikirimkan ke DPR pada Rabu 13 Januari 2021.

Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan, DPR akan langsung melaksanakan rangkaian tes untuk Calon Kapolri yang meliputi syarat adimistratif, kompetensi, profesionalitas, dan komitmen dalam mengawal Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945, NKRI, dan Bineka Tunggal Ika.

"Selanjutnya, proses pemberian persetujuan akan dilakukan sesuai mekanisme internal DPR. Hasil fit and proper test di Komisi III akan kembali dibawa dalam Rapat Paripurna untuk mendapatkan persetujuan Dewan," ungkap Puan

Puan menyebut, seluruh proses terhadap calon kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo membutuhkan waktu sekitar 20 hari.

2 dari 3 halaman

Listyo Sigit soal Pencalonannya Jadi Kapolri: Mohon Doanya

Kabareskrim Polri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo angkat bicara soal dirinya menjadi calon tunggal Kapolri, pilihan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pengganti Jenderal Idham Aziz.

Nama Listyo Sigit Prabowo terkuak usai DPR RI menerima surat dari Presiden Jokowi soal calon Kapolri.

Listyo Sigit mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan terhadap dirinya, terlebih menjadi calon Kapolri.

Dia pun meminta doa, agar bisa melaksanakan fit and proper test di DPR dengan baik.

"Terima kasih atas dukungan dan supportnya. Mohon doanya, agar bisa melaksanakan rangkaian fit and proper dengan baik," kata Listyo Sigit saat dikonfirmasi, Rabu (13/1/2021).

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: