Sukses

Wamenhan Herinda Akan Bersinergi dengan Prabowo

Wamenhan Letjen TNI Herindra mengatakan, akan bersinergi dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Pertahanan atau Wamenhan Letjen TNI Herindra mengatakan, akan bersinergi dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, untuk menjalankan tugas sebaik-baiknya.

"Saya akan bersinergi tentunya dengan Bapak Menteri Pertahanan yang mungkin saat ini kami dengan Bapak Menteri Pertahanan memiliki background yang sama, kami sama-sama dari militer," kata Herindra usai dilantik Jokowi di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Menurut dia, dengan sama-sama dari militer, dia berharap bisa bersinergi yang baik dengan Prabowo Subianto.

"Mudah-mudahan dengan ada kesamaan background ini akan memudahkan kami nanti untuk membawa misi dari kementerian pertahanan," jelas Herindra.

Dia menuturkan, tugas sebagai Wamenhan pun tak berbeda jauh dengan yang menjadi prioritasnya selama ini. "Karena saya di kemiliteran dan sekarang diberi tugas untuk sebagai wakil pertahanan, ini akan memudahkan kami dalam mengemban tugas nanti," ujar dia.

Herindra akan mempelajari terlebih dahulu program dan persoalan di Kementerian Pertahanan. Dia berencana segera bertemu dengan Prabowo Subianto untuk berkoordinasi dan mendapat arahan.

Kendati begitu, dia memastikan bahwa kedepannya anggaran di Kementerian Pertahanan dapat dikelola dengan baik dan tepat sasaran sesuai kebutuhan negara. Pasalnya, Kementerian Pertahanan memiliki anggaran yang cukup besar.

"Saya tahu bahwa di kementerian Pertahanan itu mengelola dana yang cukup besar. Tentunya kita harapkan bahwa dana yang besar tersebut dapat kita gunakan dengan baik, tepat sasaran, tepat guna, sehingga kita dapat mempertanggungjawabkan kepada rakyat dengan sebaik-baiknya," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Karir Herindra

Sebelum ditunjuk sebagai Wamenhan, Herindra telah berkarir lama di kemiliteran. Adapun Herindra merupakan Kepala Staf Umum TNI.

Dia kemudian ditunjuk Jokowi menjadi Wamenhan menggantikan Sakti Wahyu Trenggono, yang kini menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan, mengisi posisi Edhy Prabowo yang tersandung kasus korupsi ekspor benih lobster.

Herindra merupakan lulusan terbaik akademi militer tahun 1987. Dia merupakan perwira tinggi TNI berlatar Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD.

Dengan begitu, Herindra kini mendampingi seniornya yang juga berasal dari lingkungan Baret Merah, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto.

​​​​​​​Dia sebelumnya menjabat sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus TNI AD pada 2015-2016. Kemudian, Herindra pernah menjadi panglima Kodam III/Siliwangi pada 2016-2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.