Sukses

PMI Distribusikan Bantuan dan Kerahkan Personel ke Lokasi Terdampak Erupsi Merapi

PMI mendistribusikan bantuan berupa hazmat, face shield dan masker bedah ke lokasi terdampak bencana erupsi Merapi di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) mendistribusikan bantuan berupa hazmat, face shield dan masker bedah ke lokasi terdampak bencana erupsi Merapi di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah.

"Selain menyalurkan bantuan, kami juga mengerahkan sejumlah relawan ke lokasi bencana untuk membantu evakuasi warga dan lainnya dalam upaya meminimalisasikan dampak dari bencana tersebut," kata Sekretaris Jendral PMI Sudirman Said dalam keterangannya, Senin (9/11/2020).

Menurutnya, bantuan itu disebarkan ke pengungsi, warga serta petugas yang tengah melakukan operasi tanggap darurat bencana erupsi Gunung Merapi.

Seperti diketahui dampak dari debu erupsi gunung tersebut bisa mengganggu saluran pernafasan, apalagi saat ini sedang pandemi COVID-19 sehingga bantuan itu harus disegerakan.

Selain itu, relawan yang diterjunkan untuk mengevakuasi warga di sejumlah desa di kawasan rawan bencana (KRB) Gunung Merapi sudah berkoordinasi dengan instansi terkait. Kemudian juga menyiapkan lokasi pengungsian standar protokol kesehatan COVID-19 untuk warga di 13 desa yang tinggal di KRB.

Lanjut Sudirman, evakuasi yang dilakukan PMI bersama petugas lainnya dari unsur pemerintahan, TNI, polri dan potensi SAR lainnya setelah terjadi peningkatan status Gunung Merapi dari waspada (level 2) menjadi siaga (level 3) pada Kamis, (5/11).

Seperti di Kabupaten Magelang, puluhan relawan PMI dikerahkan membantu evakuasi kelompok rentan (ibu hamil, balita dan lanjut usia) dari empat dusun di Desa Keningar.

Sementara, Kepala Markas PMI Magelang Arief Setiohadi mengatakan dua unit ambulans PMI menjemput kelompok rentan dari rumah tinggal menuju lokasi pengungsian di gedung SDN Ngrajek dan rumah Kepala Desa setempat.

"Dalam proses evakuasi itu kami berkoordinasi dengan petugas Damkar, BPBD dan TNI,” tambahnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

512 Jiwa Dievakuasi

Sedikitnya sebanyak 512 jiwa telah dievakuasi tim gabungan ke sejumlah titik pengungsian. Di pengungsian, PMI menerapkan protokol kesehatan terhadap pengungsi. Selain itu, PMI Magelang juga membangun dapur umum (DU) untuk memenuhi kebutuhan pangan pengungsi.

"Personel yang bertugas di DU PMI sebanyak 14 personel dalam pelayanan memasak di Tea Tamanagung sejak Sabtu, (7/11) hingga satu pekan ke depan,” katanya.

Informasi yang dihimpun, di Kabupaten Magelang terdapat tiga desa berstatus KRB di Kecamatan Dukun, Magelang yakni Desa Paten, Krinjing, dan Ngargomulyo. Di daerah ini terdapat 795 pengungsi di sembilan titik pengungsian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.