Sukses

Tinjau Pulang Pisau, Jokowi Pastikan Proyek Lumbung Pangan Mulai Jalan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan dimulainya proyek lumbung pangan atau food estate, di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan dimulainya proyek lumbung pangan atau food estate, di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Menurut dia, di lokasi tersebut akan terhampar sawah yang luas ditamani padi.

"Pulang Pisau tahun 2020 akan dikerjakan, akan dikembangkan 10.000 hektar kemudian di Kabupaten Kapuas akan dikerjakan 20.000 sehingga totalnya di provinsi Kalteng untuk tahun 2020 adalah 30.000 hektare," kata Jokowi di lokasi, Kamis (8/10/2020).

Jokowi menambahkan, penggarapan lahan dilakukan dengan teknologi canggih. Seperti, pemupukan di areal tersebut dilakukan dengan drone dan membajak sawah, digunakan traktor apung.

"Saya tanya tadi, satu hari bisa berapa hektare? operator traktor mengatakan bisa dua hektare dan ini sebuah kecepatan karena yang kita kerjakan adalah sebuah hamparan yang sangat luas sehingga dibutuhkan mekanisasi, alat-alat modern hingga kecepatan itu ada," jelas Jokowi.

Jokowi melanjutkan, hamparan luas sawah tidak hanya sebatas ditanam padi. Namun kombinasi, seperti jeruk, bawang merah, juga kelapa.

"Kita harapkan nanti hasil yang dihasilkan bukan hanya padi saja," harap Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Air Melimpah

Jokowi percaya, tanaman kombinasi dapat dikerjakan oleh petani karena air di kawasan tersebut melimpah. Karenanya, tidak hanya tanaman, tetapi juga budidayakan ikan di keramba akan dilakukan.

"Akan kita lihat mungkin nanti hasilnya dalam 3-4 bulan seperti apa," Jokowi menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.