Sukses

Doni Monardo: Masih Ada yang Anggap Covid-19 Konspirasi

Doni mengatakan, pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19 di Indonesia sudah melampaui angka 3.500 kasus.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyayangkan masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa virus Corona atau Covid-19 merupakan konspirasi atau rekayasa. Padahal, kasus Covid-19 di Indonesia terus melonjak signifikan setiap harinya.

"Masih ada sejumlah pihak yang menganggap ini adalah konspirasi. Covid ini rekayasa, Covid ini adalah konspirasi," kata Doni Monardo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/7/2020).

Doni mengatakan, pasien yang meninggal dunia akibat virus Corona di Indonesia sudah melampaui angka 3.500 kasus. Bahkan, pasien Covid-19 yang meninggal di dunia sudah melebihi 550.000 orang.

"Jadi ini nyata, ini fakta. Oleh karenanya semua pihak harus betul-betul memahami ini," jelas dia.

Untuk itu, dia menilai perlunya sosialisasi yang masif agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan melibatkan tokoh masyarakat dan ulama. Sehingga, penyebaran virus Corona dapat ditekan.

"Khususnya para ulama. Ini juga menjadi penekanan Bapak Wapres untuk melibatkan para ulama di seluruh daerah. Agar seluruh program sosialisasi ini bisa betul-betul dipahami secara baik," ujar Doni.

Menurut dia, pemerintah terus berupaya menekan angka kematian Covid-19. Salah satunya yakni, dengan sosialisasi efektif dengan melibatkan seluruh komponen dengan kearifan lokal seperti antropolog, sosiolog, serta psikolog.

"Menyampaikan pesan-pesan bahwa Covid ini ibaratnya, mohon maaf, ibaratnya adalah malaikat pencabut nyawa bagi mereka yang rentan. Siapa saja yang rentan? Adalah lansia. Yang rata-rata adalah usia di atas 60 tahun-70 tahun," tutur Doni.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Update Corona Senin 13 Juli

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyampaikan, angka kasus positif Corona masih terus bertambah. Per hari ini, Senin (13/7/2020), menurut Yurianto, sudah ada 76.981 orang yang dinyatakan positif Corona Covid-19.

"Kasus terkonfirmasi positif sebanyak 1.282 orang sehingga totalnya menjadi 76.981 orang," ujar Yurianto melalui konferensi pers daring di Graha BNPB Jakarta, Senin (13/7/2020).

Kemudian, untuk jumlah pasien yang sudah berhasil sembuh dan negatif ada 1.051 orang pada hari ini.

Sehingga, total akumulatif sampai saat ini, sebanyak 36.689 orang sudah dinyatakan sembuh dan negatif dari virus Corona Covid-19.

Lalu, pada hari ini, jumlah pasien meninggal dunia ada 50 orang. Jadi, total akumulatifnya hingga saat ini, ada 3.656 orang meninggal dunia akibat Corona Covid-19.

Data update pasien virus Corona Covid-19 ini tercatat sejak Minggu, 10 Juli 2020 pukul 12.00 WIB hingga hari ini pukul 12.00 WIB.2 dari 4 halaman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.