Sukses

Fakta-Fakta Terbakarnya Mobil Pedangdut Via Vallen

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi dangdut Via Vallen mengalami kejadian yang kurang menyenangkan. Mobil Toyota Alphard miliknya hangus terbakar.

Kejadian itu dialami Via Vallen dini hari tadi, Selasa (30/6/2020) saat mobil berwarna putih miliknya diparkir di samping rumahnya. Ia menyampaikan hal itu lewat akun media sosial Instagramnya.

"Ini tolong pemadam kebakaran cepat ke sini. Aku takut apinya ke rumah nyebar ke sebelah tetanggaku. Ini katanya tadi ada yang bakar," tutur Via Vallen dalam video yang diunggahnya.

Rupanya, diduga mobil Via Vallen tersebut sengaja dibakar oleh orang yang tak dikenal. Hal itu diketahui dari rekaman CCTV.

Polisi pun sudah menangkap terduga pembakar. Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji menuturkan, petugas sudah amankan terduga pembakar mobil Toyota Alphard milik Via Vallen sekitar pukul 04.00 WIB.

Berikut fakta-fakta terkait terbakarnya mobil Via Vallen dihimpun Liputan6.com:

 

2 dari 7 halaman

Dikabarkan Sendiri dari Media Sosialnya

Mobil mewah pedangdut Via Vallen terbakar, Selasa (30/6/2020). Peristiwa tersebut diunggahnya dalam Instagram story milik Via Vallen.

Via membagikan beberapa video yang merekam detik-detik mobil Alphard miliknya terbakar.

Pada beberapa video terlihat langit masih gelap. Kontras dengan nyala api berwarna jingga yang membakar mobilnya.

"Ini tolong pemadam kebakaran cepat ke sini. Aku takut apinya ke rumah nyebar ke sebelah tetanggaku. Ini katanya tadi ada yang bakar," tutur Via Vallen dalam video itu.

Mobil mewahnya itu diparkir di pinggir jalan, tak jauh dari rumahnya. Dia pun segera menghubungi polisi saat mengetahui mobilnya terbakar.

Via Vallen menduga ada orang yang sengaja membakar mobilnya lantaran kendaraan dalam kondisi mati.

"Lihat ya polisi lagi jalan ke sini. Jadi siapapun kamu yang bakar tadi," kata Via Vallen.

Saat matahari sudah terbit, api yang membakar mobil Via Vallen pun padam. Hampir seluruh bagian mobil itu hangus. Begitu juga dengan tembok rumahnya yang berada di dekat mobil tersebut.

Namun, Via Vallen mengaku bersyukur karena api tak sempat menjalar dalam rumah.

"Alhamdulillah enggak sampai masuk rumah cuma kena mobil aku aja dan tersangkanya sudah di kantor polisi," kata Via Vallen.

 

3 dari 7 halaman

Terduga Pelaku Sudah Ditangkap

Seorang laki-laki yang diduga pembakar mobil mewah pedangdut Via Vallen ditangkap polisi. Hal itu dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polres Sidoarjo AKP Ambuka Yudha Hardi Putra.

Dia mengatakan, petugas sudah mengamankan terduga pembakar mobil Toyota Alphard milik Via Vallen sekitar pukul 04.00 WIB. Terduga diamankan di dekat tempat kejadian perkara (TKP).

"Iya benar, sudah diamankan satu orang, terduga pelaku pembakaran," ujar Ambuka, Selasa (30/6/2020).

Namun, Ambuka masih belum bisa membuka identitas maupun motif terduga pembakar mobil Alphard Via Vallen.

Sebab, lanjut dia, penyidik masih menggali keterangan dari yang bersangkutan.

"Masih didalami (motif pembakaran). Yang jelas saat ini kita juga masih mencari keterangan dari saksi lainnya," ucap Ambuka.

 

4 dari 7 halaman

Terduga Pelaku Masih Diperiksa

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji mengaku, pihaknya masih belum mengetahui motif terduga pelaku pembakaran mobil mewah milik pedangdut Via Vallen.

Sumardji juga menyampaikan, pihaknya masih belum mendapatkan keterangan yang lebih jelas dan detail mengenai dugaan kasus tersebut karena terduga pelaku sulit diajak komunikasi.

"Belum (berkomunikasi). Orangnya ini seperti pura-pura bodoh atau gila, ngomongnya ngelantur. Sementara kita diamkan dulu, kita lihat perkembangannya setelah dia tenang akan kita periksa," ujar Sumardji.

 

5 dari 7 halaman

Sita Tas Terduga Pelaku

Kapolresta Sidoarjo Kombes Sumardji memaparkan, pihaknya menyita botol air mineral yang tercium bau bensin, milik terduga pelaku pembakar mobil Via Vallen.

Selain itu, penyidik menyita tas yang dipakai oleh pria itu. Saat membukanya, isi tas itu membuat polisi terkejut.

Sumardji mengatakan, polisi menemukan jenglot atau benda mirip boneka berambut yang dipercaya memiliki kekuatan mistis.

Penyidik juga menemukan bambu kuning yang dipercaya bertuah serta alat perdukunan lainnya.

"Kita juga mengamankan tas, berisi buku BCA dan ada jengglot, intinya kayak perdukunan gitulah. Termasuk ada kayak bambu kuning yang dipotong sekian sentimeter," ujar Sumardji.

 

6 dari 7 halaman

Kronologi Kejadian Pembakaran Mobil

Petugas Kepolisian, Sektor Tanggulangin, Sidoarjo terus menyelidiki motif terbakarnya mobil Toyota Alphard milik Via Vallen.

Kapolsek Tanggulangin, Kompol Sujud menuturkan, pihaknya telah mengamankan seseorang yang diduga sebagai pelaku pembakaran tersebut.

"Kami masih menyelidiki kasus ini termasuk meminta keterangan saksi," kata dia, seperti dikutip dari Antara.

Sementara itu, adik Via Vallen, Mella Rossa menceritakan mobil tersebut diparkir di luar rumah karena garasi belakang dipakai syuting Via Vallen.

"Sekitar pukul 03.30 WIB, tiba-tiba ada suara mobil meledak. Api langsung membesar. Kru kakak (Via Vallen) saat itu masih ada di belakang karena habis pengambilan gambar. Mobil sebenarnya akan dimasukkan ke garasi namun menunggu panggung diberesi tapi mobil keburu terbakar," kata Mella Rossa.

Rossa menuturkan, mobil milik Via Vallen terbakar bukan tanpa sebab, karena dari CCTV di rumah, nampak ada seorang pria yang berjalan memasuki gang samping rumah dengan membawa bungkusan.

"Begitu mobil meledak dan terbakar, pria tersebut lari ke arah timur," ujar dia.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: