Sukses

Top 3 News: Asteroid Dekati Bumi 8 Mei 2020

Liputan6.com, Jakarta Top 3 news hari ini, fenomena langka dilaporkan akan mendekati bumi di bulan suci Ramadan ini. Asteroid 2016 HP6 dapat disaksikan pada pukul 04.48 WIB, Jumat 8 Mei 2020, bertepatan dengan 15 Ramadan.

Ukuran Asteroid ini diperkirakan berukuran antara 23 hingga 52 meter. Apakah berbahaya? 

Jika dilihat jaraknya menurut Lapan, benda langit tersebut dikategorikan sebagai objek yang berbahaya. Asteroid 2016 HP6 memiliki jarak perpotongan orbit minimum sebesar 805 ribu kilometer terhadap orbit Bumi. 

Berita lainnya yang tak kalah menyita perhatian terkait pemeriksaan paranormal Roy Kiyoshi yang diduga karena narkoba. Sebelumnya, foto penangkapannya sempat beredar dan viral media sosial. 

Roy Kiyoshi ditangkap oleh jajaran Polres Jakarta Selatan, Kamis, 7 Mei 2020. Dia diamankan oleh dua petugas yang dilengkapi APD lengkap.

Sementara itu, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan pemerintah untuk menekan penyebaran virus Corona dinilai Presiden Joko Widodo atau Jokowi, sudah sangat tepat.

Namun, Jokowi menyesalkan masih ada sejumlah masyarakat yang belum taat terkait protokol kesehatan saat masih harus beraktivitas di luar rumah.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Kamis, 7 Mei 2020:

2 dari 5 halaman

1. 4 Fakta tentang Asteroid Apollo yang Dekati Bumi 15 Ramadan Besok

Asteroid akan mendekati bumi pada 15 Ramadan ini. Memiliki julukan Asteroid 2016 HP6, benda asing itu akan mendekat tepatnya pada Jumat, 8 Mei 2020.

Fenomena asteroid tersebut dapat disaksikan pada pukul 04.48 WIB. Asteroid 2016 HP6 ini berjarak 4,33 jb (jarak bulan) atau sekitar 1.660.000 kilometer.

Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasonal (Lapan), dikutip dari laman resminya lapan.go.id, Kamis (7/5/2020), Asteroid 2016 HP6 memiliki jarak perpotongan orbit minimum sebesar 805 ribu kilometer terhadap orbit Bumi.

Asteroid ini diperkirakan akan berukuran antara 23 hingga 52 meter dengan magnitudo absolut sebesar +25,3 jika diamati pada jarak 1 SA dari matahari dan pengamat, seperti dikutip dari laman resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasonal (Lapan), lapan.go.id, Kamis (7/5/2020).

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Polisi Benarkan Roy Kiyoshi Diperiksa karena Narkoba, Hasilnya?

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Budi Sartono mengatakan, presenter sekaligus paranormal Roy Kiyoshi tengah diperiksa pihaknya karena terkait kasus narkoba.

Kendati demikian, Kombes Budi belum membenarkan apakah Roy positif sebagai pengguna barang haram itu.

"Masih kami periksa di satres narkoba ya," singkat dia saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (7/5/2020) malam.

Sebagai informasi, Roy diberitakan tengah diamankan Polres Jakarta Selatan terkait narkoba.

Namun, informasi soal apakah Roy benar menggunakan narkoba atau tidak masih diperiksa hingga malam hari kemarin.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Jokowi: Kita Beruntung Sejak Awal Pilih PSBB, Bukan Lockdown

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai Indonesia beruntung sejak awal memilih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), bukan karantina wilayah atau lockdown dalam menangani pandemi Corona.

"Artinya, dengan PSBB masyarakat masih bisa beraktivitas, tetapi memang dibatasi. Masyarakat juga harus sadar membatasi diri, tidak boleh berkumpul dalam skala besar," sambung dia.

Kendati begitu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyayangkan masih adanya masyarakat yang tak disiplin mengikuti protokol kesehatan terkait Corona saat beraktivitas di luar rumah. Pasalnya, Jokowi menyebut masih ada warga yang berkerumun.

Dia pun mengingatkan agar masyarakat mengurangi interaksi fisik, memakai masker, serta mencuci tangan usai beraktivitas di luar rumah.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: