Sukses

Perumahan Villa Taman Kartini Bekasi Banjir 1,5 Meter, Warga Mengungsi

Ratusan warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman lantaran rumah mereka sudah terendam banjir.

Liputan6.com, Jakarta - Banjir setinggi 1,5 meter merendam Perumahan Villa Taman Kartini, Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/2/2020) pagi. Ratusan warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman lantaran rumah mereka sudah terendam banjir.

Diketahui air mulai menggenangi perumahan tersebut sejak pukul 04.00 WIB. Total ada 10 RT di Perumahan Villa Taman Kartini yang seluruhnya tergenang air.

Ketinggian air di rumah-rumah warga bahkan disebutkan mencapai 1 meter, sehingga tak lagi memungkinkan bagi mereka untuk tetap bertahan. Petugas BPBD yang terjun ke lokasi mengevakuasi warga menggunakan perahu karet. Meski demikian, tak sedikit pula yang memilih bertahan di lantai dua rumah mereka.

Volume air kali Bekasi yang berada dekat perumahan, juga terus mengalami peningkatan pasca diguyur hujan lebat sejak Senin 24 Februari 2020 malam. Warga pun semakin dibuat was-was, khawatir limpahan air akan membuat banjir semakin meninggi.

Banjir juga terjadi di sejumlah wilayah, di antaranya Jalan Guntur RT 07 RW 19 Perumahan Kayuringin, Bekasi Selatan setinggi kurang lebih 1 meter. Gyant Harapan Indah setinggi 1,5 meter, RW 02 Teluk Pucung, Wisma Asri setinggi 80 sentimeter.

Sedangkan Kelurahan Pejuang, Medan Satria, air sudah mencapai 1 meter di RW 04, 05, 06, 07, 08, 09, 10, dan sekitarnya.

Sedikitnya terdapat 30 titik banjir di Kota Bekasi dengan ketinggian bervariasi, hingga mencapai 2 meter. Saat ini pihaknya membutuhkan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang masih terjebak banjir.

"Kota Bekasi saat ini hanya punya 30 perahu karet, jadi kami masih kekurangan untuk evakuasi warga yang belum mendapatkan penanganan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Muhammad Jufri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Titik Banjir

Menurutnya, perahu karet yang tersedia dikerahkan ke sejumlah wilayah yang banyak terdapat titik banjir, di antaranya Kecamatan Jatiasih, Medansatria, Bekasi Timur, Bekasi Barat dan Pondok Gede.

"Kita juga terjunkan 300 personil dari BPBD dan ratusan relawan untuk proses evakuasi," ujar mantan Kabag Humas Pemkot Bekasi itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.