Sukses

Komisi XI Minta OJK Restrukturisasi Kredit UKM Korban Banjir

Dia menjelaskan bencana banjir di berbagai wilayah banyak merusak berbagai jenis usaha di level kecil dan menengah.

Liputan6.com, Jakarta Bencana banjir nasional yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari terakhir memakan banyak korban. Satu di antaranya berbagai unit Usaha Kecil Menengah (UKM) milik masyarakat di berbagai daerah. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun diminta melakukan restrukturisasi kredit para pelaku UKM korban banjir.

“Bencana banjir yang terjadi di beberapa pekan terakhir banyak menghancurkan berbagai unit UKM yang dirintis masyarakat. Padahal modal mereka pinjaman dari bank. Dengan kondisi ini tentu pemerintah dan Lembaga jasa keuangan perlu merumuskan langkah bersama untuk meringankan beban pelaku UKM yang sedang terkena musibah,” ujar Wakil Ketua Komisi XI Fathan Subchi, saat dihubungi wartawan, di Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Dia menjelaskan berdasarkan data sementara yang diterima dari masyarakat, bencana banjir nasional baik di wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi, Karawang, Lebak, Tangerang, hingga Grobogan Jawa Tengah banyak merusak berbagai jenis usaha di level kecil dan menengah. Kondisi ini tentu harus menjadi perhatian bersama, karena UKM memang rentan dengan berbagai goncangan salah satunya dari faktor bencana alam.

“Kalau tidak ada upaya restrukturisasi bisa dipastikan para pelaku UKM ini akan kesulitan untuk kembali bangkit menjalankan usaha mereka,” katanya.

Politisi PKB ini mengusulkan berbagai skema restrukturisasi yang bisa dilakukan OJK untuk menyelamatkan pelaku UKM korban bencana. Menurutnya OJK bisa melakukan kebijakan seperti pengurangan suku bunga kredit, perpanjangan masa kredit, atau bahkan menyiapkan kredit baru UKM terdampak bencana.

“Kami menyerahkan opsi skema restrukturisasi kredit UKM kepada masing-masing lembaga jasa keuangan, namun intinya kami berharap pemerintah dan OJK bisa membantu pelaku UKM yang terkena musibah,” tegasnya.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menkop UKM Koordinasi OJK

Sebelumnya Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan akan berkoordinasi dengan OJK untuk melakukan pendampingan terhadap UKM terdampak bencana. Kementerian Koperasi dan UKM akan mengusahakan adanya restrukrisasi kredit bagi pelaku UKM.

Selain itu pemerintah juga akan mengusahakan tambahan modal agar UKM terdampak bencana kembali bangkit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.