Sukses

Mahfud Md Janji Perkuat Saber Pungli

Mahfud berpendapat, Saber Pungli merupakan bagian dari unit pemerantasan korupsi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam), Mahfud Md menggelar rapat bersama Kasatgas Saber Pungli, Komjen Pol Moechgiyarto di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, pada Kamis (9/1/2020). Dalam rapat tersebut, Mahfud berjanji bakal memperkuat keberadaan Saber Pungli.

"Pokoknya kita akan memperkuat, termasuk semua lini yang memungkinkan untuk memberantas korupsi secara sungguh-sungguh," kata Mahfud, Kamis (9/1/2020).

Mahfud mengatakan, Saber Pungli dibentuk melalui Peraturan Presiden dan Keputusan Menko Polhukam. Saat ini, Surat Keputusan (SK) tentang keberadaan Saber Pungli sudah diperpanjang hingga April 2020 mendatang.

"Saber pungli SK-nya sudah habis per 31 Desember 2019 dan diperpanjang lagi dulu sampai April. Nanti kita akan evaluasi dulu kinerjanya dan tata hukumnya," ucap Mahfud.

Mahfud berpendapat, Saber Pungli merupakan bagian dari unit pemerantasan korupsi. Saber Pungli punya kewenangan memberantas korupsi di sektor eksekutif.

"Nah yang pungli-pungli itu ditangkepin oleh Saber pungli selama ini. Tapi kok bisa ada sipil? Sebenarnya enggak salah, karena di dalam prakteknya kalau terjadi tindak pidana memang yang turun polisi melalui aparat yang resmi. Saber Pungli itu yang mengumpan aja," tambah dia.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.