Sukses

DPR Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri Idham Azis Besok

Rencananya Komisi III DPR akan mengunjungi rumah Idham Azis sebelum melakukan uji kelayakan dan kepatutan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi III DPR Herman Herry menyebut, uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap calon tunggal Kapolri, Komjen Idham Azis akan dilaksanakan pada Rabu sore 30 Oktober 2019.

Komisi III yang baru saja disahkan pada paripurna hari ini, Selasa (29/2019) segera melakukan rapat pleno. Rapat yang berlangsung malam nanti akan membahas soal uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri.

“Malam ini juga dalam rapat pleno komisi kami akan meminta pendapat dan persetujuan seluruh anggota sesuai mekanisme,” kata Herman di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (29/10/2019).

Apabila hasil pleno mendapat persetujuan dari seluruh anggota, maka agenda selanjutnya adalah mengunjungi kediaman Idham Azis pada Rabu pagi.

“Besok pagi jam 9 kami akan mengunjungi kediaman calon Kapolri untuk melihat latar belakang kehidupan beliau pribadi dan keluarganya. Selesai kami melakukan kunjungan mungkin kami punya waktu untuk menerima masukan masyarakat besok juga,” ujar Herman.

Setelah mendapat masukan masyarakat, maka pada Rabu sore, Komisi III DPR dapat melaksanakan fit and proper test dilanjutkan penetapan Kapolri terpilih pada malam harinya.

“Setelah kami mendapat masukan masyarakat kalau masih memungkinkan sore harinya kami akan melakukan fit and proper test. Selesai fit proper test mungkin malam harinya kami akan lakukan penetapan calon Kapolri terpilih, yang sudah dibuatkan keputusan tingkat pertama di Komisi III,” kata politikus PDIP itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paripurna Kamis

Apabila sesuai rencana, maka hasil penetapan Kapolri terpilih akan dibawa ke rapat paripurna DPR untuk disahkan pada Kamis 31 Oktober 2019.

“Kemudian hari Kamis kami teruskan ke paripurna,” kata Herman memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.