Sukses

Kualitas Udara Jakarta Tidak Sehat di Hari Pertama Perluasan Ganjil Genap

Indikator AirVisual memperlihatkan kualitas udara di wilayah DKI Jakarta pagi ini tidak sehat untuk kelompok sensitif dengan parameter polutan PM2.5 konsentrasi 56 ug/m3.

Liputan6.com, Jakarta - Kualitas udara di wilayah Jakarta pada Senin (9/9/2019) pagi masuk kategori tidak sehat tidak sehat bagi masyarakat sensitif. Meski secara global, kualitas udara Jakarta berada pada peringkat lima terburuk.

Berdasarkan data Airvisual.com pada pukul 06.30 WIB, kualitas udara Jakarta berada pada level tidak sehat dengan parameter US Air Quality Index (AQI US) 151.

Angka tersebut terpaut Angka terpaut 14 poin lebih rendah dari Beijing, China yang menduduki peringkat pertama kota dengan kualitas udara terburuk (165) disusul Lahore, Pakistan (160), Delhi, India (154), dan Hangzhou, China (153).

Indikator AirVisual memperlihatkan kualitas udara di wilayah DKI Jakarta pagi ini tidak sehat untuk kelompok sensitif dengan parameter polutan PM2.5 konsentrasi 56 ug/m3.

Pemerintah DKI Jakarta telah merespons permasalahan polusi udara dengan mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara di Ibu Kota.

Instruksi tersebut selanjutnya diimplementasikan melalui kebijakan perluasan wilayah rekayasa lalu lintas dengan pelat nomor ganjil-genap, guna menekan populasi kendaraan sebagai salah satu pemicu polusi udara Jakarta.

Kebijakan perluasan ganjil genap di Jakarta dimulai hari ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.