Sukses

Apkasi Gelar Rapat Teknis Kegiatan Tahunan Otonomi Expo 2019

Najmul menambahkan event ini untuk membuktikan kemajuan yang telah dicapai daerah kepada khalayak ramai.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan kian dekatnya hari pelaksanaan kegiatan tahunan Apkasi Otonomi Expo 2019 (#AOE19), Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) menyelenggarakan rapat teknis (technical meeting) di Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta. Rapat diikuti mayoritas peserta #AOE19 dari pemerintah kabupaten.

Menurut Sekretaris Jenderal Apkasi, Najmul Akhyar, rapat diperlukan untuk memberikan informasi penting kepada seluruh peserta pameran dalam mempersiapkan diri, baik dalam hal menyiapkan komoditas-komoditas yang akan ditampilkan hingga memastikan sisi keselamatan dalam proses pembangunan stand di arena pameran.

“Informasi penting lain yang perlu kami sampaikan adalah, hingga saat ini, Presiden RI masih konfirm untuk hadir dan membuka secara resmi Apkasi Otonomi Expo Tahun 2019, seperti tahun-tahun sebelumnya. Mudah-mudahan hingga sampai waktunya tidak terjadi perubahan,” ujar Najmul yang juga Bupati Lombok Utara ini.

Ia pun berharap informasi tadi dapat dicatat dan disampaikan kepada bupati atau pimpinan di daerah masing-masing, sehingga berbagai peluang bisnis dan investasi yang terbuka di #AOE19, dapat diikuti dan dimanfaatkan seoptimal dan semaksimal mungkin, demi kemajuan daerah masing-masing.

Najmul menambahkan event ini untuk membuktikan kemajuan yang telah dicapai daerah kepada khalayak ramai. “Akumulasi kemajuan daerah inilah yang akan mencerminkan kemajuan Indonesia secara nasional dan Apkasi selalu memegang prinsip kita harus bisa maju secara bersama-sama,” tukasnya.

Najmul menyebutkan, sebelum perhelatan #AOE19 berlangsung, Apkasi bekerja sama dengan mitra yang akan menghadirkan platform digital POTENSIANA (Potensi Alam Indonesia). Platform ini merupakan portal informasi potensi daerah seluruh Indonesia dan trading house komoditi unggulan terbesar dan pertama berbasis blockchain dan artificial intelligence.

“Platform ini untuk menjawab tantangan Presiden Jokowi agar Apkasi mampu mengusung data center komoditi nasional yang bisa diakses oleh investor, khususnya investor dari luar negeri,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ragam Kegiatan di Pameran

Sementara itu Syaifddin Ch Kai selaku Project Manager #AOE19 menggarisbawahi bahwa kegiatan pameran yang akan digelar 3-5 Juli 2019 tidak hanya melulu soal pameran.

“Di sinilah bedanya pameran yang digelar Apkasi, karena banyak kegiatan-kegiatan produktif dan menghibur yang bisa diikuti baik peserta pameran maupun masyarakat umum, karena pameran ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya sepeser pun,” imbuhnya.

Syaifuddin lantas menjelaskan beberapa kegiatan unggulan yang akan mengisi pameran #AOE19 selama 3 hari. Di antaranya adalah business matching yang mempertemukan kepala daerah pemilik potensi komoditi dan investasi dengan investor dalam dan luar negeri.

“Di samping itu akan digelar dua workshop mengenai pariwisata dan regency branding, field-trip ke floating market di Lembang, aneka pertunjukan seni budaya mulai dari seni tari, seni musik hingga stand-up comedy dialek daerah, serta untuk pertama kalinya akan digelar Apkasi Film Festival," ujar dia.

"Semua kegiatan ini bisa dikuti gratis oleh peserta pameran yang mengisi stand," imbuh dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.