Sukses

Yabukita, Teh Hijau Langka dari Jepang

Liputan6.com, Jember - Menikmati secangkir teh di akhir pekan jadi kegiatan yang menyenangkan. Apalagi menyeduhnya di tengah hawa sejuk pegunungan. Tim redaksi Liputan6 SCTV dapat kesempatan mencicipi teh hijau yabukita.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (13/1/2019), teh yanbukita merupakan teh asal Jepang yang hanya tumbuh di lereng pegunungan Argopuro, Kebun Gunung Gambir Jember, Jawa Timur.

"Teh ini satu-satunya ada di Indonesia. Daunnya lebih kecil dan pucuknya spesifik seperti ada embunnya putih-putih," ujar Manajer Kebun Gunung Gambir Ari Restiyanto.  

Sejauh ini Kebun Gunung Gambir hanya mampu memproduksi 50 kilogram serbuk teh yabukita per bulan. Harga satu kilogramnya mencapai Rp 400 ribu.  

Untuk memaksimalkan  kualitas, seluruh proses pengolahan mulai dari sortasi, penguapan, menghilangkan kadar air dan proses pengeringan, hanya dilakukan secara manual.  

Teh yabukita punya sensasi rasa yang khas. Seduhan teh yabukita juga semakin istimewa kala dinikmati di tengah balutan hawa sejuk pegunungan.  

"Rasanya seperti manis murni tanpa gula ya. Luar biasanya rasanya," kata penikmat teh yabukita, Dandy Elistyani.  

Selain rasa yang khas, teh yabukita juga dikenal punya banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, kecantikan kulit, serta dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit jika dikonsumsi teratur. (Karlina Sintia Dewi)

Keluarga Tagih Janji Baasyir Bebas Tanpa Syarat

Tutup Video