Sukses

Area Khusus Wanita di Transjakarta Dinilai Positif

Liputan6.com, Jakarta: Pengelola bus Transjakarta telah melakukan uji coba area khusus wanita selama dua pekan. Para penumpang wanita umumnya menyambut baik aturan tersebut karena dianggap bisa mengurangi kemungkinan terjadinya pelecehan seksual.

Alfana, penumpang bus Transjakarta, berharap kebijakan tersebut diteruskan. Dengan begitu dia tak perlu berdesakan dengan penumpang pria jika berada di dalam bus. "Kalau sama cowok ada risikonya," ujarnya.

Dalam tahap uji coba, pengelola membagi bus menjadi dua ruangan. Bagian depan ruang khusus wanita. Sedangkan bagian tengah hingga belakang menjadi ruang umum, boleh ditempati pria maupun wanita.

Pengaturan ini sudah diterapkan sekitar dua minggu. Mulai 12 Desember lalu ditetapkan secara resmi dan berlaku untuk seluruh rute Transjakarta.

Pengelola Transjakarta melakukan survei lebih dulu sebelum mencoba aturan tersebut. Hasil survei menyebutkan sekitar 90 persen penumpang wanita berharap ada area khusus untuk wanita. Alasannya bisa mengurangi kemungkinan terjadinya pelecehan seksual, terutama di saat bus sedang sangat penuh.(ULF)