Sukses

Menanti Kejutan Asian Para Games 2018

Asian Games 2018 penuh kejutan. Peringkat Indonesia meroket dari 17 ke 4. Akankah prestasi Indonesia di Asian Para Games 2018 juga penuh kejutan?

Liputan6.com, Jakarta - Asian Games 2018 penuh kejutan. Peringkat Indonesia meroket dari 17 ke 4. Perolehan medali mendapat lonjakan dari total 20 menjadi 98. Akankah prestasi Indonesia di Asian Para Games 2018 juga penuh kejutan?

Upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 Agustus lalu menyedot perhatian tinggi. Harapan yang sama untuk Asian Para Games 2018 yang digelar pada 6-13 Oktober 2018 di Senayan, Jakarta.

Asian Para Games Asian 2018 di Jakarta, Indonesia merupakan gelaran ketiga. Sebelumnya berlangsung Incheon, Korea Selatan pada 2014. Ajang empat tahunan ini pertama kali digelar di Guangzhou, Tiongkok pada 2010.

Mengusung semangat pantang menyerah, keberagaman, dan kesetaraan, para atlet penyandang disabilitas dari berbagai negara Asia akan berkompetisi meraih prestasi. Bagaimana dengan target Indonesia di Asian Para Games Asian 2018? Simak dalam Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berburu Suvenir

Panitia Pelaksana Asian Para Games 2018 (Inapgoc) meluncurkan beragam merchandise Asian Para Games 2018. Suvenir dijual di tujuh titik di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Di luar GBK, merchandise dapat dibeli di Wisma Para Atlet, Kemayoran untuk kalangan atlet. Harga merchandise resmi berkisar Rp 50 ribu hingga Rp 900 ribu.

"Banyak orang yang ingin memiliki merchandise Asian Para Games. Bahkan saat ini sudah banyak unofficial merchandise yang dijual. Tapi, itu wujud animo yang luar biasa. Kita memang harus bangga. Asian Para Games ini punya kita semua, bahwa Indonesia jadi tuan rumah," ujar Ketua Inapgoc Raja Sapta Oktohari.

3 dari 3 halaman

Medali Bersuara

Inapgoc bertekad membuat Asian Para Games 2018 berkesan. Medali pun dibuat unik, memiliki bunyi gemericik jika digoyangkan. Bunyinya berbeda-beda untuk setiap jenis medali.

Untuk medali emas ada 26 bola, perak 22, perunggu 16. Sehingga setiap jenis medali mengeluarkan suara berbeda. Perbedaan ini untuk membantu para atlet disabilitas mengidentifikasi jenis medali dari bunyinya.

"Ini medali bersejarah. Untuk kali pertama di ajang Asian Para Games kami meluncurkan medali dengan lagu (bunyi). Ini tidak pernah ada di dua edisi sebelumnya (Guangzhou 2010 dan Incheon 2014)," kata Direktur Divisi Sport Inapgoc Fanny Irawan.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.