Sukses

44 Rumah Sakit di Sulut Disiagakan Layani Arus Balik Lebaran

Selain rumah sakit, pemerintah provinsi berkoordinasi dengan kabupaten dan kota juga menyiagakan sebanyak 195 puskesmas.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 44 rumah sakit di Sulawesi Utara (Sulut) disiapkan untuk melayani arus balik pascalebaran.

"Puluhan rumah sakit yang siagakan ini terdiri dari rumah sakit TNI dan Polri, rumah sakit swasta dan rumah sakit pemerintah," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dokter Lydia Tulus di Manado, seperti dikutip dari Antara, Sabtu 16 Juni 2018.

Selain rumah sakit, pemerintah provinsi berkoordinasi dengan kabupaten dan kota juga menyiagakan sebanyak 195 puskesmas.

"Fasilitas kesehatan pertama ataupun tingkat lanjut ini disiapkan selama mudik Lebaran dan arus balik, masyarakat bisa mengakses fasilitas-fasilitas kesehatan yang disiapkan itu," ujarnya.

Dia menegaskan, pelayanan kesehatan tidak hanya diberikan bagi masyarakat Sulut, akan tetapi bagi masyarakat yang berasal dari luar daerah yang hendak berhari raya.

"Banyak juga warga dari luar Sulut yang datang berwisata di daerah ini, mereka juga bisa mengakses fasilitas-fasilitas kesehatan yang disiapkan," ujarnya.

Dia pun mengimbau, warga yang hendak kembali ke daerah asal untuk memanfaatkan informasi-informasi yang diberikan dinas kesehatan serta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) melalui aplikasi "Mudik Lebaran".

Dari aplikasi itu, masyarakat ataupun peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat dapat mengetahui fasilitas-fasilitas kesehatan yang disiapkan, termasuk di sepanjang jalan yang akan dilalui arus balik.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.