Sukses

Polda Metro Jaya Luncurkan Berteman Jakarta, Apa Itu?

Dalam program baru Polda Metro Jaya ini, berlalu lintas tertib dan aman di Jakarta disingkat menjadi Berteman Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengeluarkan terobosan dalam rangka mewujudkan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcar Lantas ) di wilayah hukumnya. Dalam program baru ini, berlalu lintas tertib dan aman di Jakarta, disingkat menjadi Berteman Jakarta.

"Berbagai program dan terobosan kreatif 'Berteman Jakarta' merupakan implementasi dari lima pilar Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu Lintas (RUNK) dan merupakan tindak lanjut dari program Promoter Polri," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf di Mapolda Metro Jaya, Senin (4/6/2018).

Berikut beberapa kegiatan dalam Program Berteman Jakarta:

1. Simling Mas Ramadahan, yaitu program yang merupakan implementasi dari pilar safer people dengan cara pelayanan SIM yang mendekatkan diri ke beberapa masjid dengan tujuan memudahkan masyarakat untuk menerima pelayanan SIM.

2. Hindari Horor, Mudik Tanpa Motor, merupakan program aksi edukasi untuk mengimbau masyarakat agar mudik lebaran tanpa motor dan program aksi audit standar keselamatan sarana angkutan mudik lebaran untuk memastikan sarana angkutan mudik lebaran telah memenuhi persyaratan standar keselamatan.

3. Operasi Ketupat, merupakan operasi kendali pusat yang dan merupakan operasi kemanusiaan untuk mewujudkan kamseltibcarlantas selama mudik lebaran dan balik mudik lebaran.

4. RSPA (Road Safety Partnership Action), yaitu program partnership bersama stakeholders bidang lalu lintas, instansi terkait, dan masyarakat dalam rangka mewujudkan kamseltibcarlantas. Program ini merupakan implementasi dari 4 pilar RUNK (safer people, safer vehicle, safer road, dan post crash care)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Program Lainnya

5. SMAS (Smart Mnagement Of SIM), yaitu suatu management procces untuk memudahkan masyarakat menerima layanan SIM, antara lain pembayaran melalui e-banking dan QR barcode. Selain itu juga ada pemecahan rekor MURI dalam rangka pelayanan 24 jam non stop.

6. Stop N Go. merupakan program encouragement (memotivasi) masyarakat dengan cara edutainment, yaitu menampilkan foto pengemudi yang salah (terobos lampu berhenti traffic light) dan pengemudi yang benar (berhenti di traffic light pada saat lampu tanda berhenti menyala).

7. Safety Students Awards, merupakan program aksi encouragement (memotivasi) dan program aksi edukasi bagi anak sekolah melalui kegiatan perlombaan antar sekolah antara lain; lomba cerdas cermat, pemilihan Duta Pelajar Keselamatan Lalu Lintas dan Safety Riding Contest.

8. Lomba Cipta Kawasan Tertib Berlalu Lintas, yaitu program encouragement (memotivasi) masyarakat untuk tertib berlalu lintas melalui kegiatan lomba untuk menciptakan kawasannya menjadi kawasan tertib berlalu lintas misalkan di kawasan perumahan, perusahaan dan lainnya.

9. Safety Riding Jelajah Jakarta, merupakan program aksi edukasi tentang berkendara yang aman melalui kegiatan coaching clinic safety riding ke komunitas-komunitas yang ada di Jakarta.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

3 dari 3 halaman

Kapolda minta 'Berteman Jakarta' berkelanjutan

Peluncuran yang dilakukan dengan kegiatan apel tersebut, diharapkan dapat dijalankan dengan komitmen dan berkelanjutan.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini, terima kasih pak Dirlantas, pada akhirnya semua kegiatan itu akan baik dan benar, apabila kita secara konsisten dan berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan itu dengan baik dan benar," kata Idham Azis.

Diharapkan, program tersebut dapat benar-benar dijalankan dengan baik. Meskipun, nantinya Dirlantas atau Kapolda-nya berganti.

"Jangan nanti Dirlantas berganti, berganti lagi (programnya), saya mah ini sus tai nable terus ke depan. Jalankan terus, Ditlantas boleh berganti, Kapolda boleh berganti, tapi program dia harus terus berjalan. Itu yang bisa membuat Jakarta ini semakin baik masalah lalu lintasnya," ujarnya.

Selain itu, dalam kesempatan ini pula Idham meminta kepada jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya untuk bisa bekerjasama dengan para stakeholder.

"Teman-teman lalu lintas tentu tidak bisa bekerja sendiri, tolong bersama-sama dengan stakeholder bekerjasama, berkoordinasi, sehingga kita bisa mengelola seluruh permasalahan lalu lintas di Jakarta ini," tegasnya.

Lebih lanjut Idham meminta kerjasama kepada Pemda, POM TNI AU, AL dan AD untuk mengatasi masalah lalu lintas.

"Saya yakin dengan improvisasi bapak Dirlantas dan jajarannya semua ini bisa dikerjakan. Kepada pejabat utama dan Kapolres, backup dan dukung betul kegiatan yang telah dicanangkan ini." 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.