Sukses

Anies Baswedan Resmikan Program Sidukun 3 in 1

Setiap anak yang baru dilahirkan langsung mendapat enam dokumen penting.

Fokus, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan meresmikan Sistem Integrasi Layanan Kependudukan three in one, disingkat Sidukun three in one. Sistem yang mengintegrasikan tiga instansi di satu tempat ini mempermudah masyarakat mendapat dokumen kelahiran.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Jumat (2/02/2018), sejumlah anak sekolah dan perawat menyambut kedatangan Gubernur DKI Jakarta dengan bernyanyi, di Rumah Sakit Ibu dan Anak Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat, pada Jumat pagi, 2 Februari 2018.

Kedatangan Gubernur bertujuan untuk meresmikan sistem integrasi layanan kependudukan 3 in 1 atau disingkat Sidukun 3 in 1. Sistem ini mengintegrasikan tiga instansi, yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, BPJS, dan rumah sakit.

Setiap anak yang baru dilahirkan, langsung mendapat enam dokumen penting, di antaranya akta kelahiran yang memiliki nomor induk kependudukan, kartu keluarga, kartu identitas anak, serta kartu BPJS Kesehatan.

Program Sidukun 3 in 1 diterapkan di sepuluh rumah sakit di Jakarta, seperti di RS Budi Kemuliaan, RS Fatmawati, dan RS Tanjung Priok.