Sukses

Ketua DPD Minta Anies-Sandi Buktikan Janji Saat Kampanye

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Odang atau Oso meminta agar Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, fokus bekerja agar dapat merealisasikan janji-janji saat kampanye Pilkada 2017. Dia pun berpesan agar Anies-Sandi tetap optimistis dalam menjalankan tugasnya.

"Sekarang kita kerja, kita buktikan janji-janji kita ke rakyat saat masa kampanye. Itu saja," ujar Oso di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 16 Oktober 2017.

Dia berharap, usai pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, tidak ada lagi perpecahan akibat pilkada 2017. Oso mengatakan, semua persoalan di pilkada harus diselesaikan.

"Tidak ada lagi pendukung, anti, segala macem, enggak boleh. Kita boleh beda pendapat dalam pertarungan pilkada, tapi setelah jadi, ya sudah selesai," pungkas Wakil Ketua MPR itu.

Presiden Jokowi telah melantik Anies-Sandi sebagai pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Pelantikan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno ini sesuai dengan Keppres 87 P Tahun 2017 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Masa Jabatan 2017-2022.

Selama lima tahun ke depan, Anies-Sandi bersumpah akan memenuhi kewajibannya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Dia juga berjanji akan berlaku adil kepada rakyat. Sumpah tersebut disampaikan di depan para tamu undangan yang hadir.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," ujar Anies-Sandi bersamaan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Janji Anies

Ketua Tim Sinkronisasi Sudirman Said mengatakan, 23 janji kerja Anies-Sandi diterjemahkan menjadi 167 program dan 527 kegiatan yang terbagi dalam 14 isu. Janji-janji itu disinkronkan dalam 3.313 kegiatan yang telah disusun dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2018.

"Kita berusaha semaksimal mungkin memasukkan apa pun yang jadi janji Pak Anies dan Pak Sandi," ujar Sudirman saat konferensi pers di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat 13 Oktober 2017.

Dia merinci, 3.055 kegiatan terakomodasi dalam nomenklatur yang ada. Sebanyak 205 kegiatan adalah kegiatan yang sudah sesuai tugas pokok dan fungsi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Tim transisi juga membuat nomenklatur baru untuk 6 kegiatan. Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2022 ada 17 misi yang diterjemahkan menjadi 36 sasaran dan 44 indikator sasaran.

Loading