Sukses

Pengungsi Etnis Rohingya Betah Tinggal di Indonesia

Pengungsi Rohingya berharap, Indonesia dan dunia internasional membantu saudara-saudara mereka di Rakhine State, Myanmar.

Liputan6.com, Medan - Puluhan pengungsi etnis Rohingya tinggal di rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Medan di Jalan Pekong, Kecamatan Medan Belawan, Sumatera Utara. Mereka menempati tenda-tenda yang sudah disekat pihak Imigrasi.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Rabu (6/9/2017), mereka tinggal di Medan sudah dua tahun dan mendapat segala yang diperlukan dari Pemerintah Indonesia dan Lembaga Urusan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR).

Mereka meninggalkan Myanmar karena rumah dan kampung halaman mereka dibumihanguskan Pemerintah Myanmar. Para pengungsi ditemukan terdampar di perairan Aceh dua tahun lalu oleh TNI Angkatan Laut. Mereka mengaku betah tinggal di Indonesia karena diperlakukan dengan baik.

Namun, mereka tetap menyimpan harapan bisa kembali ke Myanmar, jika situasi keamanan dan perlindungan terhadap etnis Rohingya terjamin.

Mereka juga berharap, Indonesia dan dunia internasional membantu saudara-saudara mereka di Rakhine State, Myanmar.