Sukses

14 Nama Lolos Seleksi Calon Anggota Komnas HAM

Jimly menyatakan optimis, 14 calon anggota Komnas HAM yang terpilih punya komitmen meningkatkan level kinerja lembaga.

Liputan6.com, Jakarta Panitia Seleksi Calon Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Periode 2017-2022 telah menjaring 14 nama. Empat belas nama ini pun langsung diumumkan oleh Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Jimly Asshidiqie hari ini.

Selanjutnya, kata Jimly, laporan proses seleksi diserahkan pada sidang paripurna Komnas HAM.

"Kita serahkan ke sidang paripurna guna diteruskan kepada DPR," ucap Jimly di kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2017).

Jimly menyatakan optimis, 14 calon anggota Komnas HAM yang terpilih  mempunyai komitmen dan potensi tertinggi untuk mendorong peningkatan level kinerja dan kontribusi lembaga.

"Ini juga sekalian adanya reformasi dalam internal Komnas HAM, seperti pembenahan administrasi hingga hubungan antar staff anggota," ujar dia.

Sementara Wakil Ketua Pansel Harkristuti Harkrisnowo mengatakan, terdapat lima perempuan dari 14 calon tersebut. Tak hanya itu, kata dia, domisilinya juga didominasi dari daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

"Hanya ada tiga yang berasal dari luar daerah seperti Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan. Ke-14 orang tersebut sebelum lakukan fit dan proper akan menandatangani pakta integritas seperti menjauhi korupsi," kata Harkristuti.

Adapun 14 calon anggota Komnas HAM periode 2017-2022, yakni Ahmad Taufan Damanik, Amiruddin, Antonio Pradjasto, Arimbi Heroepoetri, Beka Ulung Hapsara, Bunyan Saptomo, Hairansyah, Judhariksawan, Mohammad Choirul Anam, Munafrizal Manan, Roichatul Aswidah, Sandrayati Moniaga, Sondang Friskha Simanjuntak, dan Sri Lestari Wahyuningroem.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.