Sukses

Bukan Bom, Ledakan Keras di Poso Bersumber dari Mercon

Tidak ada tanda-tanda lain yang menunjukkan bahwa ledakan di Poso adalah bom organik atau pun rakitan.

Liputan6.com, Jakarta Ledakan keras yang terjadi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, sekitar pukul 04.09 Wita bukan dari berasal bom organik maupun rakitan. Ledakan itu bersumber dari sebuah mercon.

"Kami menyimpulkan itu hanya mercon yang disulut menggunakan korek api," kata Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP Hari Suprapto yang dikonfirmasi Liputan6.com di Palu, Jumat (31/3/2017).

Menurut Hari, pihak keamanan di Poso telah melakukan olah TKP dan tidak menemukan sejenis logam, baik paku dan seterusnya. Juga pihaknya tak menemukan detonator.

Meski di lokasi ditemukan sebuah pipa paralon dan black powder, namun tidak ada tanda-tanda lain yang menunjukkan bahwa ledakan itu adalah bom organik atau pun rakitan.

"Ledakannya juga low explosive dan tidak berdampak. Ledakan mercon kan seperti itu," tegas Hari.

Personel keamanan di Poso juga masih menghimpun keterangan dari sejumlah saksi di lokasi untuk mengungkap pelakunya.

"Alhamdulillah dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Pelaku masih diselidiki," ungkap Hari.

Situasi keamanan di Poso dan sekitarnya masih kondusif. Aktivitas warga dan arus lalu lintas di sekitar lokasi khususnya dan Poso pada umumnya, juga masih berjalan seperti biasa.

Ledakan keras yang diduga bom sebelumnya terjadi sekitar pukul 04.00 Wita di tugu bundaran Jalan Pulau Sumatera atau tepatnya di depan Pasar Sentral Lama, Kelurahan Gebang Rejo, Kecamatan Poso Kota.

Ledakan itu cukup mengagetkan warga setempat, meski tidak menimbulkan korban jiwa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini