Sukses

Ribuan Warga Depok Berjalan Kaki ke Monas Hadiri Demo 2 Desember

Awalnya hanya mengajak anggota Komunitas Sahabat Depok sekitar 300 orang. Ternyata, aksi menghadiri demo 2 Desember dapat banyak respons.

Liputan6.com, Depok - Sekitar 5.000 anggota Komunitas Sahabat Depok berangkat degan berjalan kaki dari halte Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat menuju kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta. Tujuannya tak lain untuk mengikuti demo 2 Desember.

Ribuan orang ini berjalan kaki mulai pukul 23.15 WIB dengan jalur yang dilewati yaitu Lenteng Agung, Pasar Minggu, Pancoran ke Gatot Subroto, Rasuna Said dan Menteng. Koordinator rombongan Fajar Martiono menargetkan tiba di Monas pada Jumat pagi sekitar pukul 07.00 WIB.

"Jarak yang ditempuh sekitar 40 Kilometer. Kami juga akan beristirahat di Pancoran Tugu dan Menteng. Nanti di Menteng sekitar pukul 5 pagi kami akan beristirahat dahulu di Masjid Cut Meutia," ujar Fajar, Kamis (1/11/2016) malam.

Dia menjelaskan, jalan kaki ini terinspirasi dari pengujuk rasa asal Ciamis. "Mereka semangat untuk melakukan aksi ke sana (Monas). Kami mencontoh dari mereka," jelas Fajar.

Awalnya, pihaknya hanya mengajak anggota Komunitas Sahabat Depok yang berjumlah 300 orang. Ternyata, aksi menghadiri demo 2 Desember ini mendapat banyak respons.

"Persiapan ini hanya sehari, ide ini awalnya hanya untuk Komunitas Sahabat Depok. Tapi ternyata banyak warga Depok yang minat. Kami selalu ingatkan ini kegiatan damai," ucap Fajar.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com ribuan orang tersebut berjalan kaki dengan menggunakan badan jalan sebelah kiri. Terlihat empat mobil logistik yang mengikuti di belakang rombongan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.