Sukses

Abu Anak Gunung Rinjani Sirna, Bandara Lombok Dibuka Lagi

Bandara Internasional Lombok ditutup sejak Senin 1 Agustus pukul 16.15 Wita akibat debu letusan Gunung Barujari.

Liputan6.com, Jakarta Setelah sempat ditutup sementara sejak Senin sore kemarin, Bandara Internasional Lombok hari ini kembali dibuka.

Perseroan Terbatas Angkasa Pura I membuka kembali aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Lombok, NTB karena debu vulkanik letusan Gunung Barujari (Anak Gunung Rinjani) sudah tidak tampak.

"Hasil rapat pembahasan pagi ini menyatakan kondisi sudah aman, sehingga bandara dibuka lebih awal dari jadwal semula pukul 10.00 Wita, dimajukan pada pukul 08.00 Wita," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok (BIL) I Gusti Ngurah Ardika di Lombok Tengah, Selasa (2/8/2016).

Bandara Internasional Lombok ditutup sejak Senin 1 Agustus, pukul 16.15 Wita, akibat debu letusan Gunung Barujari yang membahayakan aktivitas penerbangan.

Ardika mengatakan, pembukaan aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Lombok diputuskan dalam rapat bersama dengan Air Navigation, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), maskapai penerbangan dan pihak terkait lainnya.

Keputusan diambil didasarkan pada hasil pengamatan satelit Himawari dan pantauan dari Pusat Pemantau Vulkanik Ash di Darwin, Australia, yang memperkirakan sebaran vulkanik mulai menipis dan tidak signifikan lagi.

"Hasil pengamatan di lapangan dan cuaca di sekitar Gunung Rinjani sudah bagus dan debu di area penerbangan juga sudah tidak tampak," ucap Ardika seperti dikutip dari Antara.

Sementara itu, petugas Vulkanologi di Pos Pengamat Gunung Api Rinjani, Mutaharlin, menyebutkan erupsi Gunung Barujari sudah tidak terjadi lagi.

"Untuk hari ini tidak ada terjadi letusan, secara visual dan kegempaan," kata dia.

Menurut dia, sebaran abu vulkanik Gunung Barujari pada Senin kemarin sempat mencapai ketinggian di atas 2.000 meter dengan amplitudo maksimal 52 milimeter, sehingga bandara terpaksa ditutup.

"Letusan kemarin terjadi sebanyak tiga kali, yakni pada pukul 11.45 Wita, berlanjut pada pukul 11.50 Wita, dan terakhir pukul 16.00 Wita, setelah itu ada letusan skala kecil," papar dia.

Hingga saat ini, kata Mutaharlin, pihaknya masih tetap mempertahankan status Gunung Rinjani dalam level Normal. Namun para pendaki diminta untuk tidak mendekat ke area Gunung Barujari, karena erupsi bisa terjadi secara tiba-tiba.

"Letusan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini adalah sisa letusan pada 2015, makanya kami minta pendaki tidak boleh mendekati Gunung Barujari, cukup di sekitar Danau Segara Anak saja atau radius 1,5 kilometer dari pusat letusan," ucap Mutaharlin.

Gunung Barujari pernah meletus pada 20 Oktober 2015 sekitar pukul 10.45 Wita. Menyebabkan jalur pendakian ditutup dan aktivitas penerbangan dari dan menuju NTB dihentikan, karena ketinggian letusan berbahaya bagi keselamatan penerbangan.

Gunung Barujari atau yang disebut Gunung Baru berada di sisi timur kaldera Gunung Rinjani, dengan kawah berukuran lebar 170 meter dan panjang 200 meter, ketinggian 2.296-2376 meter dari permukaan laut (mdpl).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini